Breaking News:

Ramadan 2021

Pemkab Tangerang Pastikan Ketersediaan Pangan Selama Ramadan Sampai Idul Fitri 1442 H Terpenuhi

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP)Kabupaten Tangerang mengklaim kalau ketersediaan bahan pokok pada bulan Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFEDA
Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tangerang melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kandungan pangan dibilangan Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Jumat (16/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang mengklaim kalau ketersediaan bahan pokok pada bulan Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri 1442 H aman.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan menjelaskan, data tersebut berdasarkan perhitungan kebutuhan dan ketersediaan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tahun 2021.

Dimana, pada HBKN 2021 ada peningkatan kebutuhan pangan sebesar 5 sampai 10 persen jika dibandingkan dengan bulan biasa.

"Lebutuhan pangan di bulan April dan Mei 2021 meningkat sebesar 10 persen dikarenakan bertepatan dengan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H," ucap Aziz, Jumat (16/4/2021).

Menurutnya, ada 11 komoditas pangan strategis yang digunakan untuk menghitung neraca antara ketersediaan dan kebutuhan pangan di suatu daerah.

Yakni beras, jagung, cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Baca juga: Pemkot Bekasi Sejak Lama Tidak Buka Rekrutmen TKK, Warga Diimbau Hati-hati Praktik Penipuan

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Fakta Baru Kematian Seorang Tahanan Polres Tangsel, Diduga Ada Penganiayaan

Baca juga: HASIL Piala Menpora Persib Vs PS Sleman: Frets Butuan Pahlawan, Peluang Maung Bandung ke Final Besar

"Untuk komoditas beras, jagung, daging ruminansia (sapi, kerbau, kambing dan domba), daging unggas (ayam dan itik) serta telur dalam kondisi mencukupi," terang Aziz.

Sedangkan, untuk komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, serta bawang putih didatangkan dari luar Kabupaten Tangerang.

"Karena produksi lokal di Kabupaten Tangerang tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka komoditas tersebut didatangkan dari luar," sambung Aziz.

Menurutnya, estiminasi ketersediaan pangan pada bulan April-Mei hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H mencapai sekira 79 ribu ton untuk beras.

Lalu untuk cabai merah sekira 2.300 ton, dan bawang merah 1.800 ton.

Baca juga: Wacana Asrama Haji di Kota Tangerang, Bandara Soekarno-Hatta Dilibatkan

Baca juga: Kecurigaan Selama Ini Terjawab, Oknum Pegawai Imigrasi Tertangkap karena Ganja

Jika dilihat dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala yang berarti dalam penyediaan komoditas pangan pokok.

"Dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala dalam penyediaan komoditas pangan pokok tetapi berdasarkan kondisi tahun sebelumnya, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka terjadi penurunan daya beli konsumen," pungkas Aziz.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved