Breaking News:

Tips Kelola Keuangan Selama Puasa Ramadan, Yuk Hindari Kebiasaan Boros

“Konsep menahan diri harus benar-benar dilakukan agar terjadi sebuah mindful spending pada saat membelanjakan uang,” katanya.

Freepik
Ilustrasi rupiah. Tips kelola keuangan selama ramadan supaya gak boros. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ramadan akhirnya tiba. Umat Muslim di seluruh dunia diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya.

Menurut tafsir para Ulama, saum atau puasa diartikan sebagai kegiatan menahan diri dari makan dan minum, serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari untuk meningkatkan kadar ketakwaan seorang Muslim.

Perencana Keuangan Finansialku, Harryka Joddy, CFP mengungkapkan bahwa sebenarnya makna saum ini erat kaitannya pada konsep perencanaan keuangan.

“Konsep menahan diri harus benar-benar dilakukan agar terjadi sebuah mindful spending pada saat membelanjakan uang,” katanya.

Lalu, bagaimana mengatur budget keuangan selama Ramadan? Berikut penjelasan lengkapnya menurut Joddy.

1. Rapikan Anggaran Bulanan

Kata Joddy, permasalahan yang sering kali datang saat Ramadan ialah tanggal puasa tidak sesuai dengan bulan di Masehi.

Sehingga, pengaturan anggaran tidak bisa dilakukan seperti cara-cara sebelumnya.

Perlu diperhatikan dan disesuaikan kembali anggaran keuangan dari tanggal 1-30 bulan Ramadan dengan periode gajian Anda.

Joddy menjelaskan, agar lebih optimal dalam dalam mengatur budget bulanan, bisa dipisahkan atau di-breakdown ke anggaran mingguan.

Halaman
1234
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved