Breaking News:

Polemik Tugu Pamulang

Anggaran Gaib, Pembangunan Tugu Pamulang Senilai Rp 300 Juta Diduga Dikorupsi

Pembangunan Tugu Pamulang yang digarap Pemprov Banten itu tidak tercatat di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE)

TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Kondisi Tugu Pamulang di Bundaran Pamulang, Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Tangsel, Rabu (14/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG - Tangerang Public Trnasparency Watch (TRUTH) menyoroti pembangunan Tugu Pamulang yang disebut-sebut menghabiskan dana sebesar Rp 300 juta.

Koordinator TRUTH, Jupri Nugroho, mengatakan, pembangunan Tugu Pamulang yang digarap Pemprov Banten itu tidak tercatat di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

"Minimya informasi siapa yang mengerjakan serta besaran tender sampai hari ini masih misteri atau ghaib, jadi wajar saja bila adanya dugaan potensi korupsi pada pembangunan Tugu tersebut ada, karena sulitnya mengakses serta minimnya informasi," ujar Jupri dalam keterangan resminya, saat dikonfirmasi, Senin (19/4/2021).

Jupri mempertanyakan pernyataan Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, yang menyebut angka Rp 300 juta itu. 

"Pernyataan dari Kepala Dinas PUPR yang menyatakan dibeberapa media menyatakan bahwa anggaran untuk membuat tugu tersebut sebesar Rp. 300 Juta patut dipertanyakan apakah benar hanya 300 juta," ujarnya. 

TRUTH juga menyoroti peran Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) yang disebutnya pasif, meskipun proyek ratusan juta rupiah itu berada di wilayahnya. 

"Namun ketika masyarakat ramai-ramai merespon justru yang ada lempar tanggung jawab serta gagap," kata Jupri.

"Potensi kecurangan yang mengakibatkan kerugian negara sangat kental terasa, dari awal terlihat tidak ada konsep dalam pembangunan tugu tersebut, serta minimnya informasi yang dapat di akses oleh masyarakat dan hari ini tiba-tiba diperbaiki, pertanyaannya anggaran dari mana yang dipakai, karena tidak ada papan informasi," tambahnya.

Seperti diberitakan TribunJakarta.com sebelumnya, Tugu Pamulang yang berada di Pamulamg, Tangsel, menuai polemik setelah viral di media sosial. 

Baca juga: Apakah Mimpi Basah di Siang Hari Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

Baca juga: Makam Mbah Datuk Banjir Leluhur Lubang Buaya, Pantangan Khusus untuk Aparat, Bila Melangggar Benjol

Baca juga: Kena Penyakit Kelamin, Remaja SMP Korban Asusila Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Dioperasi

Tugu Pamulang yang saat ini berdiri dihujat netizen dan masyarakat lantaran bentuknya yang terlihat seperti belum jadi, hanya berupa rangka besi setinggi sekira 10 meter dengan kubah putih di atasnya.

Terbaru, Pemprov Banten berencana membongkar Tugu Pamulang karena ramai dikritisi, dan akan diganti dengan yang baru.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved