Breaking News:

Ramadan 2021

Berdiri Sejak Ratusan Tahun, Masjid Jami Al Anwar Jatinegara Sempat Jadi Tempat Atur Strategi Perang

Masjid Jami Al Anwar ini sudah berumur ratusan tahun dan telah mengalami beberapa kali pemugaran.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Masjid Jami Al Anwar yang ada di Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Pondasi, pintu dan mimbar di masjid ini berusia ratusan tahun dari masa penjajahan Belanda 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sempat jadi tempat mengatur strategi perang, pejuang di Masjid Jami Al Anwar, Jatinegara, Jakarta Timur terpaksa pindah lokasi untuk lindungi desa.

Nama Masjid Jami Al Anwar pastinya sudah tak asing bagi warga Jatinegara, terutama mereka yang tinggal di kawasan Rawa Bunga.

Meski tak terlalu besar, nyatanya Masjid Jami Al Anwar ini sudah berumur ratusan tahun dan telah mengalami beberapa kali pemugaran.

Kemungkinan hadir sebelum tahun 1700-an, pencerita sejarah Masjid Jami Al Anwar, Muhammad Rasyid menyebut masjid ini sebagai tempat ibadah syiar islam sekaligus tempat berkumpul pejuang serta ulama untuk mengatur strategi perang.

"Dulu almarhum H Darik, itu pejuang Betawi ada kepentingan di sini. Para pejuang menyusun strategi di masjid ini demi kemerdekaan," katanya di lokasi, Selasa (20/4/2021).

Namun di tahun 1945-1947 banyak pemuda di Rawabangke yang hijrah ke sejumlah wilayah karena kawasan tersebut dicurigai Belanda.

"Karena Belanda mulai curiga makanya banyak pemuda yang hijrah. Ada yang ke Karawang, ke Bogor dan macam-macam. Sebab waktu itu dibombardir sama Belanda. Jadi untuk melindungi desa harus hijrah atau kamuflase lah," lanjutnya.

Meski begitu, banyak jemaah yang terus menyiarkan islam di masjid tersebut.

Sehingga kecurigaan Belanda hilang begitu saja usai jemaah hanya menyiarkan ajaran islam.
Sebagian besar bangunan masjid berusia ratusan tahun

Halaman
1234
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved