Breaking News:

Pembelajaran Tatap Muka

Satu Bulan Digelar, Jumlah Sekolah Gelar Pembelajaran Tatap Muka di Bekasi Bertambah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi terus melakukan evaluasi dan perluasan kebijakan pembelajaran tatap muka

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kegiatan pembelajaran tatap muka di SMPN 2 Kota Bekasi yang sudah berjalan sejak, 22 Maret 2021. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi terus melakukan evaluasi dan perluasan kebijakan pembelajaran tatap muka, jumlah sekolah yang menggelar kegiatan tersebut terus bertambah.

Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, total sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka di wilayah sebanyak 262 sekolah.

"Berdasarkan hasil evaluasi, Alhamdulillah dari awal dibuka 22 Maret 2021 sampai sekarang tidak ada kendala, bahkan jumlah sekolahnya bertambah," kata Inayatullah, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Lebaran Harusnya Banjir Rejeki, Larangan Mudik Bikin PO Bus Gigit Jari

Dia menjelaskan, dari total sekolah yang membuat pembelajaran tatap muka dibagi ke dalam tiga tahap berdasarkan tanggal dimulainya.

Tahap pertama yang sudah menggelar pembelajaran tatap muka sejak 22 Maret 2021 sebanyak 110 sekolah, terdiri dari 88 SD dan 22 SMP.

Kemudian tahap kedua terdapat 72 sekolah dengan rincian, 28 SD dan 44 SMP. Lalu tahap ketiga, sebanyak 80 sekolah dengan rincian 73 SD dan tujuh SMP.

Baca juga: PO Bus Terminal Induk Bekasi Minta Kelonggaran Terkait Kebijakan Larangan Mudik 2021

"Sampai saat ini sudah masuk tahap ketiga, sekolah yang mengikuti terdiri dari sekolah negeri dan sekolah swasta," terang dia.

Pria yang akrab disapa Inay ini memastikan, hasil evaluasi menunjukkan tidak ada tanda-tanda lonjakan kasus baik di satuan pendidikan maupun lingkungan tempat tinggal siswa.

"Hasil pantauan juga dari para guru sekolah dan pengawas dan tim kita itu tidak ada yang terpapar Covid-19 alhamdulillah," tuturnya.

Baca juga: Belum Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Induk Bekasi Memasuki Jadwal Larangan Mudik 2021

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah memulai kebijakan membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka sejak, Senin (22/3/2021).

Kebijakan ini selanjutnya disebut Adaptasi Tatanan Hidup Baru Satuan Pendidikan (ATHB-SP), terdapat 110 sekolah swasta/negeri tingkat SD dan SMP yang memulai kegiatan pembelajaran tatap muka tahap awal.

Syarat siswa yang ikut pembelajaran tatap muka harus memiliki surat izin atau persetujuan orang tua/wali.

Selain itu, sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar tatap muka disiapkan tiap satuan pendidikan (sekolah) dan harus melalui uji kelayakan yang dinilai Dinas Pendidikan (Disdik).

Disamping itu, kebijakan teknis seperti misalnya kapasitas siswa dalam kelas menjadi 50 persen dan hanya tiga rombongan belajar (rombel) dalam satu hari sudah tertuang dalam peraturan ATHB-SP. (*)

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved