Breaking News:

Ramadan 2021

Berdiri Sejak Satu Abad Lalu, Masjid Jami An-Nur Kranji Kaum Jadi Tempat Singgah Pejuang Kemerdekaan

Masjid Jami An-nur Kranji Kaum beridir sejak 1916, selama perjalanannya, masjid ini kerap jadi tempat singgah para pejuang kemerdekaan.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Suasana tampak luar dan tampak dalam Masjid Jami An-Nur Kranji Kaum, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI BARAT - Masjid Jami An-nur Kranji Kaum beridir sejak 1916, selama perjalanannya, masjid ini kerap jadi tempat singgah para pejuang kemerdekaan.

Hal ini disampaikan ketua DKM Jami An-Nur Kranji Kaum, Kamal Fasya, dia mengatakan, masjid yang berdiri di Jalan Jenderal Sudirman ini merupakan masjid generasi awal di Bekasi.

"Karena ini masjid tertua di wilayah sini, bahkan di wilayah Bekasi juga, jadi orang-orang Kampung Dua, Rawabambu, Buaran (Perumnas 1), Pondok Ungu solatnya pada kemari," kata Kamal, Minggu (25/4/2021).

Saat itu, keberadaan masjid memang belum begitu banyak seperti saat ini. Majid Jami An-Nur di era 1916-an jadi sentral kegiatan ibadah warga kala itu.

"Karena dulukan enggak ada masjid lagi, sentralnya di sini, baru ada masjid pas tahun-tahun 60an, 70an, itu juga enggak deket dari sini agak jauh," ucapnya.

Suasana tampak luar dan tampak dalam Masjid Jami An-Nur Kranji Kaum, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.
Suasana tampak luar dan tampak dalam Masjid Jami An-Nur Kranji Kaum, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Berdiri di jaman penjajahan, Masjid Jami An-Nur Kranji tentu saja punya cerita tersendiri menjadi saksi perjuangan kemerdekaan.

Masjid ini kata Kamal, berdiri di lokasi yang sejak jaman Belanda menjadi jalur strategis karena diapit dengan rel kreta xan jalan raya.

Baca juga: Tasawuf Underground, Pesantren Anak Punk Menuju Kemapanan

Baca juga: Apes, 4 Pria Sedang Asyik Pesta Miras di Pinggir Jalan Tangerang Diciduk Polisi Patroli

Baca juga: Dijuluki Masjid Kramat, Begini Penjelasan  DKM Jami An-Nur Kranji Kaum Bekasi

Jalur yang strategis ini lanjut dia, tidak jarang Masjid Jami An-Nur dijadikan tempat persinggahan para pejuang kemerdekaan.

"Kalau kata orangtua kami, masjid ini sering jadi tempat istirahat para pejuang kemerdekaan di Bekasi," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved