Antisipasi Virus Corona di Indonesia

TERKUAK Alasan Ratusan Kedatangan Warga India ke Indonesia

Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta membongkar alasan kedatangan ratusan warga India ke Indonesia belakangan ini.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Sebanyak 32 warga negara asing (WNA) asal India dipulangkan ke negara asalnya dari Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (25/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta membongkar alasan kedatangan ratusan warga India ke Indonesia belakangan ini.

Seperti diketahui, total ada sekira 400 Warga Negara Asing (WNA) asal India yang sudah masuk ke Indonesia beberapa bulan lalu.

Baru-baru ini bahkan ada 117 warga India yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat charter atau sewaan pada tanggal 21 April 2021.

Angka di atas terus bertambah lantaran, pada Jumat (23/4/2021) Indonesia kembali kedatangan 32 warga India yang langsung dipulangkan kembali ke asalnya pada hari ini.

Ternyata, mereka punya tujuan masuk ke Indonesia.

"Kunjungan bisnis dan usaha," terang Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando saat ditanya TribunJakarta.com soal alasan kedatanagn warga India, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: The Jak Mania Bekasi Optimis, Persija Menang Lagi di Leg 2 Final Piala Menpora 2021

Menurutnya, biaya pemulangan puluhan warga India tersebut ditanggung maskapai dan biaya pribadi.

"Ditanggung oleh airline (maskapai) dan yang bersangkutan," singkat Sam.

Sebagai informasi, ke-32 warga India tersebut terbang menggunakan maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK356 dari Dubai pada pukul 15.30 WIB.

Sam Fernando mengatakan, sebagai langkah antisipasi, semua langsung dipulangkan pada Minggu (25/4/2021) pagi.

"Penolakan masuk 32 warga negara India merupakan langkah antisipasi yang dilakukan oleh Imigrasi Soekarno-Hatta guna mencegah Imported Case Covid-19," kata Sam.

Baca juga: Jelang Laga Final Leg 2 Piala Menpora, Jakmania Menteng Dalam Prediksi Persija Kembali Cetak 2 Gol

Sam melanjutkan, keputusan tersebut sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada 23 April 2021.

Adapun isi dari kebijakan tersebut mengatur tentang penolakan masuk orang asing yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun waktu 14 empat belas hari sebelum masuk wilayah Indonesia.

Serta penangguhan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara India. 

Baca juga: KRI Nanggala 402 Tenggelam, Tegarnya Kakak Letkol Irfan Ceritakan Banyak Kemiripan dengan Sang Adik

"Pemulangan dilakukan pada hari Minggu, 25 April 2021 menggunakan maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK359 pada pukul 00.40 WIB," jelas Sam.

Penerbangan langsung menuju Dubai tanpa ada transit untuk mencegah penularan Covid-19.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved