Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab Keberatan JPU Hadirkan Polisi jadi Saksi Ahli, Begini Alasannya

Rizieq Shihab keberatan dengan saksi ahli yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
Tribun Jabar
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab TRIBUN JABAR 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Rizieq Shihab keberatan dengan saksi ahli yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Rizieq menyatakan keberatan atas kehadiran saksi ahli digital forensik Polri, Kompol Heri Priyanto dalam di sidang perkara kerumunan warga di Petamburan dan Megamendung.

Dalam sidang ini Heri dihadirkan sebagai saksi ahli guna membuktikan bahwa video kerumunan warga di Petamburan dan Megamendung pada November 2020 kejadian sebenarnya, bukan hasil edit.

Baca juga: Putar Video Presiden Jokowi di Maumere, Hakim Tegur Kuasa Hukum Rizieq Shihab: Jangan Buang Waktu

"Penyidiknya polisi, kemudian banyak saksi fakta polisi, sekarang saksi ahli dari polisi juga. Jadi saya keberatan betul, saya minta dicatat," kata Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (29/4/2021).

Di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur Rizieq menyatakan tidak meragukan kapasitas Heri sebagai ahli digital forensik guna memastikan keaslian video dari pihak JPU.

Baca juga: Rizieq Shihab Pertanyakan Beda Kerumunan Maulid Nabi dan Pilkada

Namun dia mengaku khawatir status Heri sebagai anggota Polri membuat keterangan yang disampaikan tidak objektif atau justru memberatkannya di hadapan Majelis Hakim.

"Saya tidak meragukan keahliannya, maaf. Saya tidak meragukan keahlian anda seorang ahli forensik. Saya hanya bicara soal indepensi yang bisa mengganggu objektivitas pendapat," ujarnya.

Rizieq menyebut tetap mengajukan pertanyaan kepada saksi ahli dari pihak JPU sesuai giliran bertanya diberikan Majelis Hakim, hanya saja pertanyaan diwakili anggota tim kuasa hukum.

Padahal selama sidang pemeriksaan saksi dari pihak JPU hingga kini justru Rizieq lah yang lebih mendominasi mengajukan pertanyaan kepada para saksi, bukan anggota tim kuasa hukumnya.

Anggota Polri yang pernah dihadirkan JPU sebagai saksi fakta di antaranya eks Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, Kapolsek Tebet Kompol Budi Cahyono, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Tebet Timur Bripka Tamam.

Hakim tegur kuasa hukum Rizieq Shihab

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menegur anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan pada Kamis (29/4/2021).

Teguran terkait pertanyaan yang diajukan anggota tim kuasa hukum Rizieq kepada dua ahli epidemiologi dihadirkan jadi saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) guna membuktikan dakwaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved