Breaking News:

Literasi Meningkat, Anies Baswedan Ingin Jakarta Menjadi UNESCO Kota Buku Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan literasi membaca buku di ibu kota terus meningkat.

ISTIMEWA
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan dalam C40 Mayoral Webinar secara daring dengan tema pembahasan terkait vaksinasi Covid-19, Kamis (18/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan literasi membaca buku di ibu kota terus meningkat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mengikuti pencalonan sebagai UNESCO World Book City (WBC) atau UNESCO Kota Buku Dunia pada 2023.

Dia mengatakan, proposal pencalonan pun telah dikirim kepada UNESCO pada 15 April 2021.

Baca juga: Kemesraan Anies-Erick Thohir Sulap Kota Tua, Arief Poyuono: Tinggal Suit Siapa Capres dan Cawapres

"Untuk pencalonan ini, Jakarta mengusung tagline Eja.kar.ta Everybody’s Reading," kata Anies, dalam keterangan resminya melalui PPID DKI, Sabtu (1/5/2021).

"Kami juga mendirikan di banyak lokasi dan titik di ruang publik yang menyediakan buku bagi warga, yang bisa dibaca di tempat. Ini sesuai dengan tema yang kami ajukan, Everybody’s Reading," lanjutnya.

Hingga 2020, kata Anies, tercatat 19 persen penerbit buku di Indonesia berada di Jakarta telah mendaftarkan 14.906 International Standart Book Number (ISBN).

"Jakarta juga berkontribusi pada 25 persen koleksi digital nasional," jelas Anies.

"Angka ini cukup signifikan dalam menempatkan Indonesia sebagai negara paling produktif dalam industri penerbitan di Asia Tenggara pada 2019," sambungnya. 

Anies mengatakan, Jakarta menjadi penerbit buku pertama berdiri dan menjadi tempat perhelatan diskusi-diskusi besar kebangsaan. 

"Di sini juga kemerdekaan Indonesia berkumandang. Jakarta tempat penyemaian yang baik bagi kemerdekaan Indonesia yang dari imajinasi," jelas dia.

"Jakarta mengajukan diri menjadi Kota Buku Dunia dan juga akan mengajukan proposal sebagai Kota Sastra. Jakarta sangat siap untuk menyambut keduanya,” kata Anies.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved