Breaking News:

Viral di Medsos

Viral Video Diduga Geng Motor Amerika Bawa Senjata Tajam Berkeliaran Lagi, Polisi: Sudah Lama Bubar

Video berdurasi 21 detik menampilkan geng motor berkeliaran menenteng senjata tajam besar berkeliaran di wilayah Jakarta Timur.

ISTIMEWA
Tangkapan layar video diduga geng motor Amerika saat berkeliaran sambil menenteng senjata tajam di Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Video berdurasi 21 detik menampilkan geng motor berkeliaran menenteng senjata tajam berukuran besar diduga di wilayah Jakarta Timur viral.

Dalam video, sedikitnya tampak empat sepeda motor yang dinaiki para remaja secara berboncengan melaju ugal-ugalan saat malam hari layaknya hendak memprovokasi mencari musuh.

Belum diketahui pasti lokasi dan kapan waktu kejadian video diambil karena latar kondisi jalan samar, namun dalam video sayup-sayup terdengar satu pelaku mengatakan kata Amerika.

Baca juga: Geng Motor Serang Warga di Jagakarsa, Warga Sebut Ada Korban, Kapolsek: Itu Jatuh dari Motor

Bila mengacu riwayat geng motor di Jakarta, Amerika merupakan singkatan dari Anak Merdeka Kalisari atau merupakan nama wilayah Kelurahan di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Nama geng motor Amerika ini sempat meresahkan sekitar tahun 2012-2015 karena kerap menyerang warga menggunakan senjata tajam secara membabi buta, korbannya pun acak.

Aksi penyerangan ke warga dan geng motor lain yang mengakibatkan korban luka hingga tewas tercatat pernah dilakukan anggota geng motor Amerika yang beranggotakan para remaja.

Dalam video sebenarnya satu pelaku tampak membawa bendera berukuran menunujukkan identitas geng, namun buruknya kualitas video membuat tulisan pada bendera tak terbaca jelas.

Baca juga: Geng Motor Serang Warga di Jagakarsa, 1 Orang Terkena Luka Bacok

Baca juga: Pamer Video Menyerang Warga di Menteng, Puluhan Anggota Geng Motor Diamankan Polisi

Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan mengatakan untuk sekarang pihaknya belum bisa memastikan kapan dan di mana lokasi persis video berdurasi 21 detik yang kini viral terjadi.

Namun dia menduga video tersebut diambil saat geng motor Amerika masih aktif sebelum bubar seiring anggotanya diringkus jajaran Polrestro Jakarta Timur hingga Polda Metro Jaya.

"Sepertinya video lama. Kalau geng Amerika sudah lama bubar," kata Erwin saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (1/5/2021).

Dugaannya video tersebut merupakan kejadian lawas karena hingga kini jajaran Satreskrim Polrestro Jakarta Timur tidak menerima laporan warga terkait adanya aktivitas geng motor Amerika.

Meski tidak merinci kapan waktu pasti geng motor Amerika bubar, menurutnya sejak dalam beberapa tahun terakhir tidak ada laporan warga menyangkut geng motor yang meresahkan warga itu.

"Nihil laporan karena memang sudah bubar," ujarnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved