Breaking News:

Wajan Antilengket dari Batu Maifan, Bebas dari Zat Berbahaya dan Meningkatkan Efek pada Kesehatan

Bahan makanan dan cara pengolahan mulai dipertimbangkan demi menyajikan makanan yang sehat.

Wajan atau frying pan yang terbuat dari batu maifan bisa ditemukan di Nan Ji Ren. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekarang ini, sudah semakin banyak orang yang peduli akan pentingnya mengonsumsi makanan yang aman dan sehat.

Bahan makanan dan cara pengolahan mulai dipertimbangkan demi menyajikan makanan yang sehat.

Namun, banyak orang lupa bahwa alat masak yang dipakai untuk mengolah makanan juga sama pentingnya dengan bahan makanan dan cara pengolahan tersebut.

Baca juga: Kamu Merasa Lelah dan Lemas saat Puasa? Yuk Hindari 4 Jenis Makanan Ini saat Sahur

Orang yang menggunakan bahan makanan dan cara pengolahan paling sehat sekalipun masih bisa mengalami risiko kesehatan jika alat masak yang digunakan mengandung zat berbahaya.

Salah satu alat masak yang mengandung zat berbahaya pada permukaannya ialah wajan atau frying pan antilengket seperti teflon.

Wajan teflon sering digunakan banyak orang karena harganya yang murah serta makanan yang dimasak tidak akan menempel pada wajan sehingga mudah dicuci dan dibersihkan.

Akan tetapi, wajan teflon umumnya memiliki PFAS atau asam perfluorooktanoik, bahan kimia sintetis yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Untuk alternatif yang lebih aman, ada berbagai pilihan wajan antilengket yang lebih ramah lingkungan serta memiliki harga yang cukup terjangkau, salah satunya ialah wajan yang terbuat dari batu maifan.

Baca juga: Butuh Ide Makanan Buka Puasa? Yuk Simak Menu Olahan Ubi yang Mudah Dibuat

Baca juga: 4 Hal yang Sering Disangka Membatalkan Puasa Padahal Tidak, Apa Saja?

Batu maifan sendiri merupakan batuan mineral khusus yang telah berabad-abad digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Batu maifan memiliki kemampuan penyerapan yang kuat untuk ion logam berat dan racun di dalam air, serta mengurangi konsentrasi dan menghambat kecepatan reproduksi bakteri.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved