Breaking News:

Pengurus Masjid Usir Jemaah Pakai Masker

Curhat Ustaz Abdurohman, Ketua Masjid Al-Amanah yang Viral Larang Jemaah Pakai Masker di Bekasi

Ustaz Abdurohman menceritakan, kejadian itu benar-benar tidak pernah dia bayangkan akan serumit ini, viral di media sosial dan mendapat sorotan orang

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Barat saat bertemu dengan Ustaz Abdurohman ZR (baju kuning) di Masjid Al-Amanah, Bekasi, Senin (3/5/2021). 

Laporang wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MEDAN SATRIA - Ustaz Abdurohman ZR, ketua pengurus Masjid Al-Amanah, Kampung Tanah Apit Bekasi belakangan viral gara-gara melarang jemaah pakai masker.

Video detik-detik Abdurohman dan seorang jemaah laki-laki bernama Roni Octavianto beredar di media sosial, keduanya saling bersitegang.

Bahkan, seorang pemuda yang tampaknya dari pihak pengurus masjid naik pitam membentak Roni yang saat itu tengah duduk bersila kekeuh mengenakan masker.

Abdurohman menceritakan, kejadian itu benar-benar tidak pernah dia bayangkan akan serumit ini, viral di media sosial dan mendapat sorotan orang banyak.

"Saya masih enggak terbesit dalam hati bakal ada kejadian kaya begini," kata Abdurohman saat dijumpai di Masjid Al-Amanah, Senin (3/6/2021).

Baca juga: DKM Al-Amanah Gunakan Dalil Surat Ali-Imran Larang Jemaah Pakai Masker, Ini Respons MUI Kota Bekasi

Ketika diminta menceritakan ulang kejadian viral itu, Abdurohman enggan menjawab, dia mengatakan, insiden itu biarlah menjadi borok yang malu jika diberitakan kembali.

"Panjang lah, jangan terulang borok yang lama, gak usah. Gak baik kalo begitu," tuturnya.

Secara garis besar, Abdurohman mengaku, sejak awal melarang penggunaan masker di lingkungan Masjid Al-Amanah.

Alasannya sederhana, seperti yang dia katakan pada video viral bahwa, masjid merupakan tempat ibadah yang suci dan bersih, tidak bisa disamakan dengan pasar.

Baca juga: 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan, Simak Aturan dan Bacaan Niat Melakukan Itikaf di Masjid

"Kalau dulu iya. Saya melarang," ungkap Abdurohman.

Pasca kejadian viral, Abdurohman memastikan telah sepakat dengan para pemangku lingkungan mulai dari, Kapolsek, Camat hingga polres dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Barat agar menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Camat Bentuk Tim Bergilir Awasi Prokes di Masjid Al-Amanah Usai Viral Jemaah Dilarang Pakai Masker

"Karena apa, karena ini sudah kita sepakati termasuk beliau tadi, Kiyai (ketua DMI Jabar) beliau yang menangani, mendoakan saya merasa punya partner, tadinya kan saya sendiri. Menegakan Amar Maruf Nahi Mungkar," tuturnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved