Breaking News:

Pengurus Masjid Usir Jemaah Pakai Masker

DKM Al-Amanah Gunakan Dalil Surat Ali-Imran Larang Jemaah Pakai Masker, Ini Respons MUI Kota Bekasi

MUI Kota Bekasi menanggapi soal dalil surat Ali-Imran yang dipakai pengurus Masjid Al-Amanah untuk melarang jemaah memakai masker

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
istimewa
Viral jemaah di Bekasi dilarang bermasker saat berada di masjid - MUI Kota Bekasi menanggapi soal dalil surat Ali-Imran yang dipakai pengurus Masjid Al-Amanah untuk melarang jemaah memakai masker 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MEDAN SATRIA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menanggapi soal dalil surat Ali-Imran yang dipakai pengurus masjid Al Amanah untuk melarang jemaah memakai masker.

Dalam video viral, pria mengenakan jubah kuning terdengar mengucapkan dalil surat Ali-Imran ayat 96 yang mengatakan, sesungguhnya setiap orang yang masuk ke dalam masjid maka amanlah dia.

TribunJakarta.com mencoba menelusuri surat tersebut, rupanya jika merujuk pada Al-Quran, surat Ali-Imran ayat 96 bukan berbunyi seperti apa yang disampaikan pria berjubah kuning.

"Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam." (QS. Ali-Imran 3: Ayat 96).

Bunyi surat Ali-Imran yang paling mendekati dengan maksud pria berjubah kuning terdapat pada ayat 97 surat Ali-Imran.

Video viral pengusiran jamaah di Masjid Al Amanah Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 April 2021 siang.
Video viral pengusiran jamaah di Masjid Al Amanah Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 April 2021 siang. (ISTIMEWA)

"Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia..." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 97).

Sekretaris MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu mengatakan, memang terdapat ayat di surat Ali-Imran yang menyebutkan tentang hal itu.

Baca juga: Penjual Ikan Hias Dibegal Saat Melintas di Jalan I Gusti Ngurah Rai Bekasi, Dagangan Dibawa Kabur

Baca juga: Pedagang Sayur Ini Bersikeras Tetap Mudik Demi Tuntaskan Rindu Bertemu Anak dan Istri

Baca juga: Polisi Target Sate Beracun Sedang Tangkap Penjahat Saat Paket Mematikan Dikirim ke Rumahnya?

"Dan memang betul, kalau masuk kerumah Allah (mesjid), dijamin oleh Allah SWT, akan aman," kata Hasnul saat dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Namun kata dia, di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak pantas juga melarang jemaah atau seseorang yang tengah berikhtiar menjaga rasa aman.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved