Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Hakim Bakal Kaji Permohonan Penangguhan Penahanan Rizieq Shihab

Penahanan tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam perkara dugaan tindak pidana kekarantinaan kesehatan belum sampai ke ke tangan hakim

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Rizieq Shihab saat dihadirkan di sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur belum bisa menentukan bakal menerima permohonan penangguhan penahanan tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam perkara dugaan tindak pidana kekarantinaan kesehatan.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Khadwanto yang mengadili perkara tes swab Rizieq di RS UMMI Bogor mengatakan pihaknya harus menerima surat secara resmi sebelum menentukan putusan.

"Secara dinas bukan diserahkan di sini (ruang sidang Pengadilan) ya, dikirim lewat surat dinas ya. Majelis belum menerima (surat permohonan penangguhan penahanan) itu," kata Khadwanto di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Surat pengajuan penangguhan penahanan tersebut meliputi tujuh terdakwa kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan dalam tiga perkara, termasuk Rizieq yang jadi terdakwa pada tiga perkara.

Yakni kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat, kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Bogor, dan tes swab di RS UMMI Bogor.

Permohonan penangguhan penahanan juga untuk Muhammad Hanif Alatas, terdakwa dalam kasus tes swab di RS UMMI Bogor yang diduga ditutupi dari pihak Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Lalu terdakwa Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, Maman Suryadi dalam kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat.

Rizieq, Hanif, dan Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, Maman Suryadi yang ditahan sejak berstatus tersangka kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 Berlaku Mulai 6 Mei Besok, Ini Syarat Warga yang Boleh Berpergian

"Nanti setelah menerima (surat permohonan pengajuan penangguhan penahanan) akan musyawarah dan dipelajari. Nanti akan dimusyawarahkan," lanjut Khadwanto.

Anggota tim kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar menuturkan memiliki alasan mengajukan permohonan penangguhan penahanan seluruh klien mereka yang kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

Baca juga: Rizieq Shihab Minta Penangguhan Penahanan Jelang Hari Raya Idul Fitri, Ini Alasannya

Di antaranya dr. Andi Tatat, terdakwa dalam kasus tes swab Rizieq di RS UMMI Bogor yang diduga ditutupi dari pihak Satgas Covid-19 Kota Bogor tapi tidak ditahan sejak tingkat penyidikan.

"Dengan alasan terdakwa lain dalam kasus yang sama tidak akan ditahan. Kemudian tidak akan menghilangkan barang bukti, siap mengikuti persidangan sampai vonis. Kemudian pertimbangan kemanusiaan serta menjelang hari raya Idul Fitri," tutur Aziz.

Baca juga: Rizieq Shihab Minta Penangguhan Penahanan Jelang Idul Fitri, Tidak Ada Sosok Penting jadi Penjamin

Tim kuasa hukum juga mengajukan sosok penjamin bahwa seluruh klien mereka bakal memenuhi syarat penangguhan penahanan, dalam hal ini anggota keluarga dari para terdakwa jadi penjamin.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved