Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Pulang Kampung Tinggalkan Ibu Kota, Pemudik yang Kembali ke Jakarta Akan Tes Covid-19 dan Isolasi

Cegah klaster baru, pemudik yang kembali ke Jakarta Timur akan jalani swab test antigen hingga isolasi mandiri.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat memberi keterangan di Pasar Bali Mester Jatinegara, Minggu (31/1/2021) - Cegah klaster baru, pemudik yang kembali ke Jakarta Timur akan jalani swab test antigen hingga isolasi mandiri. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Cegah klaster baru, pemudik yang kembali ke Jakarta Timur akan jalani swab test antigen hingga isolasi mandiri.

Pemerintah telah menetapkan larangan mudik mulai Kamis (6/5/2021) hingga Senin (17/5/2021) mendatang.

Nyatanya tak sedikit dari masyatakat yang justru sudah kembali ke kampung halaman dengan memanfaatkan waktu lebih awal.

Mengacu pada hal tersebut, Pemkot Jakarta Timur bersama jajaran Polrestro Jakarta Timur dan Dandim 05/05 Jakarta Timur akan melakukan pengawasan ketat terhadap pemudik yang akan kembali ke ibu kota.

Di awali dengan pendataan warga yang melakukan mudik di tahun ini, nantinya pemudik yang terdata akan melakukan tes Covid-19, seperti swab test antigen usai kembali ke Jakarta Timur.

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar saat meninjau belajar tatap muka hari pertama di SDN Pondok Kelapa 05, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).
Wali Kota Jakarta Timur M Anwar  Rabu (7/4/2021). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

"Tadi disampaikan sudah ada yang mudik sebelum tanggal 6 Mei. Tentu rumahnya kosong dan sudah dikordinasikan. Mereka tentunya harus melaksanakan isolasi dulu dan di tes Covid-19. Tentunya memastikan agar mereka ini tidak terpapar Covid-19. Jangan sampai mereka pulang dari kampung membawa penyakit ke tempat kita," ucap Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar di Cakung, Rabu (5/5/2021).

Sebanyak 636 personel gabungan gelar apel Operasi Ketupat Jaya 2021 di Jalan Dr Soemarno, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021)
Sebanyak 636 personel gabungan gelar apel Operasi Ketupat Jaya 2021 di Jalan Dr Soemarno, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021) (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)

Mendukung upaya tersebut, para pemudik dapat menjalani swab test antigen di Kampung Tangguh Jaya yang tersebar di wilayah masing-masing.

Baca juga: Cemburu Buta Lihat Istri Dibonceng Pria Lain, Suami Murka dan Tusuk Istri Hingga Tak Berdaya

Baca juga: Ikuti 4 Langkah Ini Agar Ketupat Lebaran Tidak Gampang Lembek, Beras Jangan Terlalu Sedikit

Baca juga: Mata Bengkak hingga Pelipisnya Robek, Bocah Kelas 3 SD di Banten Dianiaya Ayah Tiri Gara-gara Takjil

Bila hasilnya menunjukkan reaktif, maka pemudik akan menjalani isolasi mandiri sementara di lokasi tersebut sembari menunggu hasil PCR keluar.

"Sehingga pada saat kembali nanti kita akan manfaatkan kerjasama ini untuk melakukan pengecekan swab antigen, rapid dengan memanfaatkan Kampung Tangguh Jaya yang ada di setiap RW. Dengan demikian kita dapat mengetahui siapa saja yang masuk dari luar kota menuju Jakarta pada saatnya nanti dan juga mencegah Covid-19, seperti yang dikatakan Pak Wali Kota melakukan isolasi-isolasi," jelas Kapolrestro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan.

Halaman
1234
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved