Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Syarat Penangguhan Penahanan yang Harus Dipenuhi Kubu Rizieq Shihab

Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyatakan ada syarat yang harus dipenuhi tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam pengajuan penangguhan penahanan

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Rizieq Shihab di persidangan. Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyatakan ada syarat yang harus dipenuhi tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam pengajuan penangguhan penahanan kepada Majelis Hakim. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyatakan ada syarat yang harus dipenuhi tim kuasa hukum Rizieq Shihab dalam pengajuan penangguhan penahanan kepada Majelis Hakim.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan persyaratan penangguhan penahanan ini diatur di pasal 31 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Dalam pasal 31 itu tersangka atau terdakwa mengajukan penangguhan dengan jaminan, jaminan orang dan jaminan uang, atau kedua-duanya," kata Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Jaminan tersebut dicantumkan dalam surat permohonan penangguhan penahanan yang dibuat tim kuasa hukum, nantinya Majelis Hakim bakal menilai apa jaminan diajukan sesuai.

Untuk sekarang Majelis Hakim belum bisa menentukan akan mengabulkan permohonan atau tidak karena belum menerima surat penangguhan penahanan dari tim kuasa hukum Rizieq.

"Ini kan belum kelihatan, belum bisa dibaca oleh najelis hakim apakah dia mengajukan jaminan orang, siapa saja yang menjadi penjaminnya. Atau dia mengajukan uang, berapa juga yang diajukan belum kelihatan," ujarnya.

Meski kini proses persidangan sudah bergulir di tahap pemeriksaan saksi, Alex menuturkan tim kuasa hukum Rizieq masih memiliki waktu mengajukan penangguhan penahanan.

Tim kuasa hukum Rizieq memiliki waktu mengajukan permohonan penangguhan penahanan tujuh klien mereka, termasuk Rizieq yang kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

"Yang mereka ajukan itu yang ditahan kan, makannya penangguhan. Nah ditahan terhadap perkara yang mana sekarang ini yang terhadap Habib Rizieq? Petamburan kan, artinya di Megamendung tidak dilakukan penahanan, ya tidak mengajukan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved