Breaking News:

Idul Fitri 2021

Satgas Covid-19 Pesan Warga Zona Merah Wajib Salat Id di Rumah, Bagaimana di Zona Kuning?

Satgas Penanganan Covid-19 berpesan warga yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan Salat Id di rumah. Bagaimana dengan zona kuning?

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Suasana pelaksanaan Salat Idulfitri berjamaah di Masjid Al-Kautsar Pondok Pekayon Indah, Kelurahan Pekayon Jaya, Kota Bekasi, Minggu, (24/5/2020).Satgas Penanganan Covid-19 berpesan warga yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan Salat Id di rumah. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 berpesan warga yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan Salat Id di rumah.

Demikian dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adi Sasmito.

Salat Id di rumah bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Diketahui, saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia masih terbilang tinggi.

Dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (4/5/2021), Wiku mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Fitri harus mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 di daerah masing-masing.

Baca juga: Pertimbangkan Beri Izin Salat Id di Area Terbuka, Anies Juga Minta Anak Buahnya Bersiap Usai Lebaran

"Bagi masyarakat yang ada di zona risiko merah dan oranye, maka diwajibkan untuk Salat Idul Fitri di rumah saja," jelasnya.

Wiku menjelaskan, zona merah dan oranye menandakan bahwa keduanya berstatus daerah rawan tinggi penularan dan rawan sedang penularan Covid-19.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof drh Wiku Adisasmito saat siaran langsung di Graha BNPB, Minggu (22/3/2020)
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof drh Wiku Adisasmito saat siaran langsung di Graha BNPB, Minggu (22/3/2020) (Dok Foto BNPB)

Bagaimana dengan masyarakat di zona kuning dan hijau? Wiku mengatakan, masyarakat yang tinggal di dua wilayah ini dapat melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjemaah. Pasalnya, risiko penularan Covid-19 di kedua daerah itu lebih rendah atau bahkan belum ada kawasan yang terpapar sama sekali.

Namun dia berpesan, pelaksanaan shalat bagi daerah zona hijau dan kuning itu tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

"Salat Idul Fitri diikuti oleh maksimal 50 persen jemaah dari total kapasitas masjid. Selain itu jemaah diharapkan membawa perlengkapan sendiri," jelasnya.

Baca juga: Larangan Mudik Diperpanjang Dimulai 22 April Sampai 24 Mei, Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Informasi saja, mengutip data resmi di covid19.go.id, terdapat penambahan wilayah zona merah. Pada Rabu (5/5/2021), zona merah corona di Indonesia tercatat 14 daerah. Sebelumnya, zona merah di Indonesia per 18 April 2021 sebanyak 11 wilayah.

Adapun zona oranye mencapai 318 wilayah, zona kuning 173 wilayah, dan zona hijau 8 wilayah.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Masyarakat di zona merah wajib shalat Id di rumah, bagaimana untuk zona kuning?

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved