Breaking News:

Ramadan 2021

Viral Video Penyekatan Mudik di Perbatasan Bekasi - Bogor Kerahkan Tank, Begini Penjelasan TNI

Video memperlihatkan sebuah tank dikerahkan kegaitan penyekatan mudik lebaran di perbatasan Kota Bekasi - Kabupaten Bogor viral di media sosial

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
Istimewa/Kodam Jaya
Kegiatan latihan taktis satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih di Jalan Raya Siliwangi Narogong Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Video memperlihatkan sebuah tank dikerahkan kegaitan penyekatan mudik lebaran di perbatasan Kota Bekasi - Kabupaten Bogor viral di media sosial.

Dalam video yang viral tersebut, terlihat personel TNI berpakaian lengkap tengah menutup jalan dengan berdiri dan memarkirkan sepeda motor.

Tidak jauh dari gambar tersebut, perekam video memudian mengarahkan kamera ke arah sisi jalan yang memperlihatkan sebuah tank tengah melaju di jalan raya.

Dalam rekaman, perekam video turut mengucapkan narasi yang menyebutkan kegiatan yang ada pada video merupakan penyekatan arus mudik.

Kegiatan latihan taktis satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih di Jalan Raya Siliwangi Narogong Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.
Kegiatan latihan taktis satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih di Jalan Raya Siliwangi Narogong Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. (Istimewa/Kodam Jaya)

"Penyekatan mudik di perbatasatan Bekasi - Bogor, tidak tanggung-tanggung nurunin Tank Baja, yang mau mudik biar dibom nih," kata perekam video.

Menanggapi video viral tersebut, Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, narasi dalam video viral tersebut tidak benar.

"Dengan telah tersebarnya Video yang menyatakan bahwa Anggota TNI menurunkan tank guna untuk Penyekatan Pemudik itu tidak benar," kata Herwin dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Pengerahan tank yang terekam dalam video itu merupakan kegiatan latihan TNI, bukan untuk keperluan penyekatan mudik Lebaran 2021.

"Yang sebenarnya adalah satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih sedang melaksanakan Latihan Taktis Tingkat Rai TW II TA.2021", jelasnya.

Baca juga: Simak! Jadwal KRL dan KA Lokal Saat Larangan Mudik Lebaran 2021 6-17 Mei 2021

Adapun latihan digelar pada, Kamis (6/5/2021) kemarin pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB oleh Satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih yang berkedudukan di Bekasi.

Baca juga: Batal Melamar Pujaan Hati Gara-gara Terjaring Razia Mudik, Putar Balik Akibat Tak Mau Rapid Test

Tempat latihan juga dilakukan di sebuah tanah lapang tepatnya, di Jalan Raya Siliwangi Narogong Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pemerintah Larang Segala Bentuk Mudik, Berikut Sanksi Jika Masih Nekat Melanggar

"Jadi dalam vidoe itu, tim pengamanan melakukan penghambatan lalu lintas ketika kendaraan tempur melintas menuju tanah lapang tempat latihan," tegasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved