Breaking News:

Belum Selesai dan Diresmikan Anies Jadi Alasan Rumah Panggung Warga Kebon Pala Belum Dihuni

Pemkot Jakarta Timur angkat bicara terkait rumah panggung di permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu yang belum bisa dihuni.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tampak rumah panggung di permukiman warga Kebon Pala, RW 04, Kelurahan Kampung Melayu korban banjir luapan Kali Ciliwung di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (9/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pemkot Jakarta Timur angkat bicara terkait rumah panggung di permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang belum bisa dihuni.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan rumah panggung setinggi 3,5 meter di wilayah RW 04 itu kini belum bisa dihuni karena pembangunannya kini belum 100 persen selesai dan diresmikan.

"Belum, tunggu selesai seluruhnya. Rencana akan diresmikan, dan saya akan koordinasi dengan tingkat Provinsi (DKI)," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (9/5/2021).

Hanya saja dia tidak merinci sudah berapa persen progres pembangunan rumah warga yang direnovasi dengan konsep rumah panggung sebagai siasat menghadapi banjir Kali Ciliwung.

Dia hanya meminta wartawan meninjau langsung ke lokasi dengan alasan penilaian orang berbeda dan menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan meresmikan pembangunan.

"Insya Allah kita akan minta waktu ke beliau (Anies Baswedan meresmikan pembangunan rumah panggung)," ujarnya.

Baca juga: Tak Gubris Imbauan Anies, PKL Masih Menjamur di Pasar Tanah Abang

Herman (38), satu warga Kebon Pala RW 04 Kelurahan Kampung Melayu yang rumahnya direnovasi dengan konsep rumah panggung membenarkan pernyataan Anwar.

Meski mayoritas warga yang rumahnya direnovasi sudah menerima kunci sejak pekan lalu, mereka urung menghuni hunian 'baru' karena pembangunan belum seluruhnya selesai dan diresmikan.

"Katanya rumah baru bisa dipakai setelah diresmikan nanti, rencananya mau diresmikan pak Gubernur langsung. Kabarnya sih mau diresmikan tanggal 20 Mei nanti, habis lebaran," tutur Herman.

Baca juga: Ulang Tahun ke-52, Anies Baswedan Didoakan Jadi Presiden Indonesia di Tahun 2024

Menurut dia, hingga kini sedikitnya ada dua dari total 18 rumah di wilayah RW 04 yang direnovasi total dengan konsep rumah panggung namun pembangunan belum rampung.

Namun warga yang rumahnya sudah selesai dibangun memilih mengikuti imbauan Pemkot Jakarta Timur agar tidak menghuni rumahnya terlebih dahulu hingga nanti diresmikan Anies.

"Kalau masuk melihat hasil renovasi sudah, hasilnya bagus. Material bangunan yang digunakan juga lumayan kokoh. Untuk hasil renovasi enggak sampai merubah posisi ruang yang sudah ada sebelumnya juga," lanjut Herman.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved