Breaking News:

Tak Tahu Larangan, Peziarah Masih Banyak yang Datangi TPU Prumpung

Larangan ziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta selama tanggal 12-16 Mei 2021 belum sepenuhnya diketahui warga.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Anggota Pamdal Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur saat berjaga di TPU Prumpung, Jatinegara, Rabu (12/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Larangan ziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta selama tanggal 12-16 Mei 2021 belum sepenuhnya diketahui warga.

Anggota Pamdal Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Yudo Sudibyo mengatakan di hari pertama larangan berlaku sejumlah warga masih datang ke TPU Prumpung, Kecamatan Jatinegara.

"Tadi pagi ada sekitar empat kepala keluarga (KK) yang datang karena mereka belum tahu adanya larangan ziarah yang diberlakukan karena pandemi Covid-19 ini," kata Yudo di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (12/5/2021).

Baru setelah diberi penjelasan petugas Pamdal TPU Prumpung mereka mengetahui larangan ziarah guna mencegah kerumunan warga yang memicu penambahan kasus terkonfirmasi.

Warga yang belum mengetahui larangan ziarah beralasan pemberlakuan aturan terlalu mendadak karena baru dinyatakan pada pekan ini dan tidak ada sosialisasi sebelumnya.

Kondisi di TPU Prumpung saat pemberlakuan larangan ziarah Idul Fitri 1442 Hijriah di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (12/5/2021).
Kondisi di TPU Prumpung saat pemberlakuan larangan ziarah Idul Fitri 1442 Hijriah di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (12/5/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Memang masih ada yang belum mengetahui lalu datang, tapi setelah kita beri penjelasan warga mengerti lalu pulang. Tujuan larangan ini kan untuk mencegah kerumunan warga," ujarnya.

Selama larangan ziarah yang diatur lewat Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 ini aktivitas di TPU Prumpung hanya berupa perawatan makam yang dilakukan petugas dan penguburan jenazah.

Baca juga: 1.300 Aparat Gabungan Siap Amankan Malam Takbiran di Jakarta Pusat

Baca juga: Jelang Idulfitri 1442 H, Anies Baswedan Minta Warga DKI Gelar Takbir Virtual

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Daerah Pantau Ketat Arus Keluar Masuk dan Kerumunan Warga

Namun karena lokasi yang jadi akses keluar masuk permukiman warga RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, dan RW 06 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Yudo menuturkan TPU Prumpung tak ditutup.

"Untuk pengawasan larangan ziarah kita tempatkan petugas di akses-akses masuk ke TPU Prumpung dari permukiman warga. Tapi untuk warga sekitar yang keluar masuk tetap masih bisa lewat," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved