Breaking News:

Baru Juga Lebaran, Warga Kebon Pala Sudah Kebanjiran 2 Meter, Rumah Panggung Ikut Terendam

Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Senin (17/5/2021)

Penulis: Bima Putra
Editor: Elga H Putra
Istimewa
Kondisi permukiman warga RW 04 dan RW 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021)   

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Senin (17/5/2021).

Joni (42), warga setempat mengatakan banjir mulai menjamah permukiman warga RW 04 dan RW 05 pukul 02.00 WIB dan mencapai titik tertinggi sekira pukul 04.00 WIB dengan kedalaman dua meter.

"Ketinggian air sekarang masih sekitar dua meter, apalagi di rumah warga yang ada bagian belakang (dekat bantaran Kali Ciliwung). Ini banjir karena air kiriman dari Depok semalam," kata Joni di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021).

Warga sudah memprediksi banjir karena pada Minggu (16/5/2021) sekira pukul 20.00 WIB menerima informasi bahwa ketinggian air di Pos Pantau Kota Depok berstatus siaga dua.

Mereka memindahkan barang berharga ke lantai dua rumah dan kendaraan ke dekat kantor Kelurahan Kampung Melayu yang konturnya lebih tinggi sehingga tidak terdampak banjir.

"Sekira pukul 08.00 WIB tadi air sudah mulai surut, tapi ini surutnya lama jadi ketinggian sekitar dua meter. Ini yang rumah panggung baru selesai dibangun saja bagian bawahnya terendam," ujarnya.

Rumah panggung dimaksud yakni rumah warga Kebon Pala yang direnovasi Pemprov DKI Jakarta dengan tinggi 3,5 meter sebagai siasat menghadapi banjir luapan Kali Ciliwung.

Tercatat sebanyak 18 rumah warga RW 04 Kebon Pala yang kondisinya rusak berat akibat puluhan tahun terdampak banjir luapan Kali Ciliwung direnovasi, sisanya dibedah tampak.

Joni menuturkan untuk sekarang warga RW 04 dan RW 05 yang sudah puluhan tahun jadi korban banjir luapan Kali Ciliwung tidak mengungsi karena memilih bertahan di lantai dua rumah.

"Kalau untuk bantuan makanan dari pemerintah sih belum ada ya, sekarang warga milih bertahan di lantai dua rumahnya saja. Mudah-mudahan sih hari ini enggak hujan lagi jadi air cepat surut," tuturnya.

Warga Kebon Pala yang rumahnya dibedah dengan konsep rumah panggung di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021)
Warga Kebon Pala yang rumahnya dibedah dengan konsep rumah panggung di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021) (Istimewa)

Baca juga: Polsek Cisauk Gunakan Pocong Takuti Pemudik Agar Mau Tes Covid-19 Saat Kembali

Baca juga: Kebaikan Hati Ruben Onsu Tanggung Biaya Lahiran Istri Sapri Pantun, Adik Almarhum: Dia Peduli Banget

Baca juga: Ramalan Zodiak Keuangan 17 Mei 2021, Zodiak Ini Perlu Lebih Perhatikan Sumber Utama Cuan Anda

Baca juga: Jelang Berakhirnya Larangan Mudik, Kedatangan Penumpang di Terminal Pulogebang Terus Meningkat

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved