Breaking News:

Ternyata Ini Jangka Waktu Makanan Disimpan di Kulkas, Cek Penjelasan Lengkap Dokter

Dalam program Kamusehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medica Centre Kompas Gramedia menegaskan bahwa memang ada limit waktu penyimpanan makanan.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Kulkas 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Kulkas atau lemari pendingin kerap kali digunakan untuk menyimpan makanan yang sudah jadi untuk dipanaskan pada hari selanjutnya.

Namun, kerap kali penyimpanan makanan di kulkas juga terjadi dalam jangka waktu yang terlalu lama sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap karena makanan sudah rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Dalam program Kamusehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medica Centre Kompas Gramedia menegaskan bahwa memang ada limit waktu penyimpanan makanan di kulkas.

Hal ini disesuaikan dengan berbagai faktor, termasuk proses pembuatan hingga waktu antara pembuatan dengan penyimpanan.

“Tentu tergantung jenis makanannya, dan tergantung membuatnya itu bagaimana, tergantung berapa lama sejak dibuat kemudian masuk ke kulkas, semakin cepat, maka semakin awet,” jelas dr. Santi.

Meski tergantung dengan hal-hal tersebut, dr. Santi menegaskan ada aturan umum yang bisa dijadikan pedoman agar makanan tetap baik meski sudah disimpan di kulkas.

Baca juga: Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka? Berikut Informasi Jadwal Terbarunya

Batas waktu penyimpanan makanan di kulkas bagian bawah adalah sekitar 3 sampai 5 hari, berbeda dengan kulkas bagian atas yang cenderung lebih lama.

“Pada umumnya sekitar 3-5 hari kalau di kulkas bawah. Kalau di kulkas atas atau freezer itu 3-4 bulan, lama,” sambung dr. Santi.

Meski bisa dikonsumsi dalam beberapa hari hingga beberapa bulan, dr. Santi menegaskan bahwa lebih baik makanan yang sudah keluar dari kulkas, tidak dimasukkan kembali ke dalam kulkas.

Baca juga: Dibuka Sampai 21 Mei 2021, Ini Link Pendaftaran Vaksin Gotong Royong Lengkap dengan Panduannya

Jadi, makanan hanya mengalami satu kali pemanasan, dan makanan tidak keluar-masuk kulkas beberapa kali.

“Sekali (keluar meskipun disimpan di freezer). Makanya dimasukkinnya langsung dibagi-bagi, sudah dihitung, supaya pas keluar, sudah tidak dimasukin lagi,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Sonora: Berapa Lama Idealnya Makanan Disimpan di Kulkas? Ini Penjelasan Dokter

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved