Info Kuliah

Seleksi Jalur Mandiri Unsoed Tahun 2021, Begini Panduan Lengkap Pendaftarannya

Universitas berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah, ini selalu masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di berbagai lembaga pemeringkataN.

Instagram
Universitas Soedirman 

TRIBUNJAKARTA.COM - Anda berencana melanjutkan pendidikan ke Universitas Jenderal Soedirman? Informasi tentang seleksi mandiri Unsoed tentu penting untuk diketahui. 

Unsoed merupakan salah satu perguruan tinggi negeri atau PTN terfavorit.

Universitas yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah, ini selalu masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di berbagai lembaga pemeringkatan. 

Sama seperti universitas negeri lainnya, Unsoed membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) jalur mandiri.

Ada dua jenis jalur mandiri yang dibuka yaitu SPMB Mandiri UTBK dan SPMB Mandiri Non-UTBK. 

Bersumber dai laman resmi SPMB Unsoed, SPMB Mandiri UTBK Unsoed dibuka untuk program sarjana reguler dan kelas internasional serta diploma.

Tahun ini seleksi mandiri UTBK menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, serta prestasi baik akademik maupun non-akademik. 

Sedangkan yang non-UTBK yang ditujukan untuk program diploma dan sarjana kelas internasional, memakai nilai rapor serta prestasi baik akademik maupun non-akademik. 

Untuk informasi lebih jelasnya, berikut rangkuman persyaratan hingga jadwal seleksi mandiri jalur UTBK Unsoed 2021: 

Persyaratan umum calon peserta SPMB Unsoed

Memiliki nilai UTBK tahun 2021 yang dikeluarkan oleh LTMPT dan nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1-6.
Untuk calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni dan keagamaan diminta untuk mengunggah dokumen bukti prestasi.
Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi peringkat pertama sampai ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional.
Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.
Ketentuan memilih program studi
 

Bagi siswa yang hendak mengikuti SPMB mandiri Unsoed 2021, ada ketentuan pemilihan program studi yang perlu Anda perhatikan.

Berikut ketentuan pemilihan jurusan atau program studi di seleksi mandiri Unsoed:

Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 4 program studi, yakni 2 program studi sarjana (kelas reguler dan/atau kelas internasional) dan 2 program studi diploma.
Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek  (Kelompok UTBK Saintek) hanya dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Saintek.
Peserta yang memiliki nilai UTBK Soshum (Kelompok UTBK Soshum)  hanya dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Soshum.
Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek serta UTBK Soshum (Kelompok UTBK Campuran)   dapat memilih program-program studi yang masuk dalam kelompok Saintek serta kelompok Soshum.
Khusus Program Studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi harus memiliki nilai UTBK Saintek  (Kelompok UTBK Saintek) dan lulusan SMA/MA dari jurusan IPA.
Khusus Program Studi Farmasi harus memiliki nilai UTBK Saintek (Kelompok UTBK Saintek) dan lulusan SMA /MA/SMK lingkup bidang IPA.
Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Jadwal kegiatan seleksi mandiri Unsoed
 

Pendaftaran: 31 Mei-18 Juni 2021
Pengumuman: 28 Juni 2021
Registrasi: 5-9 Juli 2021

Informasi lengkap tentang pendaftaran jalur mandiri Unsoed tahun 2021 bisa Anda lihat di laman http://spmb.unsoed.ac.id/.

Artikel ini telah tayang di kontan: Simak persyaratan dan jadwal pendaftaran seleksi mandiri Unsoed 2021

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved