Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Positif Covid-19, Dua Warga Warakas yang Baru Tiba dari Mudik Lebaran Dikirim ke Wisma Atlet

Dua orang warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang baru tiba dari mudik lebaran dinyatakan positif Covid-19.

Dok. Kelurahan Warakas
Swab test antigen untuk para pendatang mudik di Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (20/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Dua orang warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang baru tiba dari mudik lebaran dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tersebut keluar setelah Kelurahan Warakas menggelar swab test antigen untuk para warga yang sempat pulang kampung saat libur Idulfitri 1442 Hijriah.

Lurah Warakas Makhrus Nugroho, menerangkan hingga hari ini sudah sebanyak 90 orang warga yang mengikuti swab tes antigen di Posko PPKM Kelurahan Warakas.

"Kemarin pemeriksaan dilakukan untuk 47 orang. Hari ini sudah sebanyak 43 orang yang menjalani swab test antigen," kata Makhrus, Kamis (20/5/2021).

Pelaksanaan swab test antigen ini untuk mendeteksi apakah para pendatang mudik di Kelurahan Warakas bebas dari paparan virus corona.

Baca juga: Sikap Tegas Kapolda Metro Jaya, Perintahkan Anak Buah Cari Pemudik yang Kembali dari Kampung Halaman

Hasilnya, hingga kini ada dua orang warga yang dinyatakan positif Covid-19.

"Hasilnya dua orang yang hasilnya positif sudah dirujuk ke Wisma Atlet, sisanya negatif Covid-19," kata Makhrus.

Swab test antigen bagi para pendatang mudik sesuai Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2021.

Kebijakan itu berisi tentang pelaksanaan pengawasan dan pengendalian mobilitas penduduk dalam pencegahan penyebaran Covid-19 pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca juga: Gelar Operasi Kemanusiaan, Polda Metro Jaya Sebut 192 Pemudik Reaktif Covid-19

Seiring pelaksanaan swab test antigen, Makhrus memastikan pendataan pada warga yang baru kembali dari kampung halamannya terus berjalan.

"Tujuannya untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang baru datang sekaligus menjaga kesehatan masyarakat Jakarta yang tidak mudik pada lebaran tahun ini," ungkapnya.

Makhrus pun mengimbau warga Warakas yang baru saja kembali dari kampung halamannya untuk secepatnya melaporkan diri ke Posko PPKM Kelurahan Warakas ataupun RT/RW tempatnya tinggal.

"Dengan menunjukkan hasi swab PCR, antigen ataupun genose. Bagi yang tidak dapat menunjukkannya untuk segera melakukan pemeriksaan swab tes antigen gratis di Posko PPKM kelurahan," katanya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved