Breaking News:

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kepengurusan AWEN Periode 2021-2023

AWEN telah merevisi kerangka acuan dalam menangani tujuh bidang fokus, yaitu digitalization, financial inclusion.

Editor: Wahyu Aji
Nita Yudi (tengah depan, kebaya merah) dalam acara seremoni serah terima jabatan Chair Women AWEN periode 2021-2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAIndonesia secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah kepengurusan ASEAN Women Entrepreneurs Network (AWEN) periode 2021-2023, meneruskan mandat yang sebelumnya dipegang oleh Thailand.

Hal ini ditandai dengan seremoni serah terima jabatan dari Chair Women AWEN periode 2018-2020, Khunying Natthika Wattanavekin Angubolkul kepada Ir. Dyah Anita Prihapsari, MBA., yang akrab disapa Nita Yudi, sebagai Chair Women AWEN periode 2021-2023.

Nita Yudi mengapresiasi amanah yang diterima Indonesia untuk melanjutkan kepengurusan AWEN periode 2021-2023, sekaligus menegaskan bahwa Indonesia akan terus melanjutkan kinerja dan pencapaian AWEN.

Seremoni serah terima jabatan Chair Women AWEN periode 2021-2023 pada Senin (24/5/2021), di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Jakarta.
Seremoni serah terima jabatan Chair Women AWEN periode 2021-2023 pada Senin (24/5/2021), di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Jakarta. 

Di bawah kepemimpinan Thailand, AWEN telah merevisi kerangka acuan dalam menangani tujuh bidang fokus, yaitu digitalization, financial inclusion, re-skilling, sustainability, information sharing, women’s leadership, dan environmental issues.

Berdasarkan tujuh fokus program kerja tersebut diatas, maka AWEN Indonesia telah mencanangkan fokus program kedepan yang meliputi people, planet, prosperity, partnership, dan power.

“AWEN Indonesia siap meningkatkan dan memperkuat kolaborasi jaringan kami di AWEN dan dengan mitra strategis kami, antara lain yakni ACW, RBAC, SEOM, UN Women, OXFAM, dan dengan perusahaan bisnis dan asosiasi lainnya,” kata Nita.

Lebih lanjut, Nita yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) ini menuturkan bahwa saat ini AWEN juga memiliki sejumlah tantangan sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan ekonomi dunia mengalami shock dan penurunan yang sangat drastis.

Namun di lain sisi, Nita yakin bahwasanya pandemi Covid-19 ini sekaligus merupakan game changer yang akan mendorong IWAPI, dengan sebagian besar UMKM di dalamnya untuk dapat tetap menggerakkan perekonomian bangsa.

“Saat ini, pergerakan diutamakan dari digitalisasi dalam dunia kesehatan, sosial dan pendekatan ikatan terhadap konsumen guna mengikuti perkembangan zaman di era 4.0,” kaya Nita Yudi.

Adapun, acara seremoni serah terima jabatan Chair Women AWEN periode 2021-2023 tersebut diadakan pada Senin (24/5), bertempat di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Jakarta, dan turut dihadiri oleh Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati, Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA Leny Nurhayati, Direktur Kerjasama Sosial Budaya ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Riaz Januar Putra Saehu, serta rekan ketua dan focal point AWEN dari Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, hingga Indonesia.

Untuk diketahui, Nita Yudi adalah Chair Women AWEN yang ke-4 setelah Vietnam, Filipina, dan Thailand. Sebagai focal point Indonesia untuk isu gender, IWAPI yang telah turut serta sejak awal terbentuknya AWEN mendapat kehormatan untuk menjadi Chair Women periode 2021-2023. 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved