Breaking News:

PPDB 2021

Dukcapil Jakarta Timur Buka 2 Posko Pengaduan PPDB 2021, Ini Lokasinya

Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur membuka dua posko pengaduan terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB)

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA/Instagram @officialppdbdki
Informasi PPDB Online Sekolah dan tata cara pendaftarannya lainnya bisa dilihat di laman instagram Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta @disdikdki dan @officialppdbdki. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur membuka dua posko pengaduan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022 yang dibuka pada 24 Mei.

Kasi Pendaftaran Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Puji Yanti mengatakan dua posko tersebut guna menampung pengaduan wali murid yang mengalami masalah administrasi kependudukan saat PPDB.

"Posko pengaduan layanan PPDB ini berlokasi di SMPN 103 Cijantung, Jl RA Fadillah Cijantung dan di SMKN 26 Jl Balai Pustaka Rawamangun," kata Puji saat dikonfirmasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (25/5/2021).

Baca juga: Orangtua Perlu Ketahui, Catat Jadwal PPDB Jakarta 2021 Mulai PAUD Hingga SMA/SMK

Baca juga: PPDB Online SMA/SMK Tahun Ajaran 2021-2022 di Kota Tangerang Akan Digelar Pertengahan Juni

Kedua posko Sudin Dukcapil Jakarta Timur bakal beroperasi penuh pada Senin (31/5/2021), pada masing-masing posko ditempatkan empat petugas guna melayani pengaduan warga.

Bila mengacu PPDB DKI Jakarta di tahun sebelumnya, masalah yang kerap muncul dalam pendaftaran online terkait nomor induk kependudukan (NIK) calon murid tidak terdaftar dan NIK ganda.

"Petugas yang berjaga di posko ini akan melakukan verifikasi berkas calon peserta didik baru atau melakukan konsolidasi soal NIK anak yang akan masuk sekolah," ujarnya.

Para orangtua yang datang melapor ke posko Sudin Dukcapil diimbau mempersiapkan berkas administrasi, di antaranya akta lahir anak, kartu keluarga dan data administrasi kependudukan lain.

Kasudin Pendidikan Jakarta Timur Wilayah II, Putoyo menuturkan pada PPDB tahun ini Dinas Pendidikan DKI Jakarta tidak menerima siswa domisili luar DKI karena masalah kuota sekolah yang ada.

"PPDB kali ini hanya untuk masyarakat DKI Jakarta, karena kuota masih kurang. Sehingga tidak menerima siswa dari luar DKI. Kecuali orang tuanya pindah tugas dari daerah ke Jakarta," tutur Putoyo.

Jalur penerimaan siswa baru dalam PPDB DKI Jakarta di antaranya melalui jalur prestasi, yakni khusus bagi anak yang memiliki prestasi di bidang olahraga, kesenian, pendidikan dan prestasi lain.

Jalur khusus bagi keluarga tidak mampu, jalur zonasi bagi anak yang berdomisili di lingkungan sekitar sekolah, dan jalur anak yang orangtuanya pindah domisili karena keperluan dinas kerjanya.

Pihaknya menyiapkan kuota dua persen untuk siswa pindahan dari luar DKI yang orangtuanya pindah tugas, PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2021/2022 berlangsung selama 24 Mei-4 Juni 2021.

"PPDB dilakukan secara online, diharapkan masyarakat dapat melakukannya dengan baik dan bisa menggunakan handphone untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah secara online," lanjut Putoyo.

Orangtua yang memiliki masalah terkait pendaftaran anaknya bisa menghubungi call center Sudin Pendidikan Jakarta Timur di nomor 0899610061 dan 0899610062.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved