Pakai Batik Gowes 19 Km ke Balai Kota, Anies: Jadikan Sepeda Alat Transportasi, Bukan Cuma Hobi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, bukan hanya alat untuk memuaskan hobi.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat gowes dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Balai Kota, Kamis (3/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, bukan hanya alat untuk memuaskan hobi.

Hal ini dikatakan Anies usai bersepeda jauh 19 kilometer dari kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Balai Kota.

"Kita semua mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi. Kita biasanya melihat sepeda sebagai alat olahraga, itu baik-baik saja diteruskan tapi perlu ditambah," ucapnya, Kamis (3/6/2021).

Dengan menggunakannya sebagai alat transportasi, Anies menyebut, masyarakat tak perlu membeli sepatu hingga baju khusus untuk bersepeda.

Baca juga: Anies Baswedan Pakai Outfit Tak Biasa saat Gowes Bareng Dubes Denmark dan Belanda

Ketika bersepeda, masyarakat pun bisa menggunakan pakaian yang digunakan sehari-hari.

"Saya juga pakai batik, kebetulan Kamis seragamnya batik di DKI. Jadi, kami ingin mendorong bersepeda sebagai kegiatan transportasi, bukan saja kegiatan sport," ujarnya.

Walau demikian, orang nomor satu di DKI ini tetap memfasilitasi masyarakat yang ingin menggunakan sepeda sebagai alat pemuas hobi.

Kebijakan mengizinkan sepeda road bike melintas bebas di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin pun bakal diberlakukan.

Meski demikian, waktunya dibatasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 06.30 WIB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat gowes dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Balai Kota, Kamis (3/6/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat gowes dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Balai Kota, Kamis (3/6/2021). (ISTIMEWA)

"Kegiatan hobi dibatasi jamnya, di saat jam sedang sepi. Tapi, prioritas kita adalah sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekedar alat sport," kata dia.

Gowes bareng Dubes Belanda

Memperingati Hari Sepeda Sedunia (World Bike Day), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gowes dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke kantornya di Balai Kota Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan Anies Baswedan bersama sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat, seperti Dubes Denmark Lars Bo Larsen dan Dubes Belanda Lambert Grijns, serta komunitas Bike to Work.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved