Bangganya Warso Dapat Pesanan Melukis Wajah Ridwan Kamil, Tjahjo Kumolo hingga Gus Dur

Sebelum mangkal di pelataran mal Blok M Square, Warso lebih dulu membuka lapak di Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Annas Furqon Hakim
Warso Sugriwo (49), pelukis karikatur di mal Blok M Square, Jakarta Selatan, Jumat (4/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Sudah lebih dari 20 tahun Warso Sugriwo (49) menekuni profesi sebagai pelukis karikatur.

Belajar secara mandiri alias autodidak, Warso telah melukis banyak wajah tokoh-tokoh terkenal.

Sebelum mangkal di pelataran mal Blok M Square, Warso lebih dulu membuka lapak di Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Awalnya di Jalan Melawai, itu dari tahun 1999. Nah, pas Blok M Square dibuka dari 2009, saya pindah ke sini," kata Warso saat ditemui di lokasi, Jumat (4/6/2021).

Beberapa tokoh yang pernah dibuatkan karikatur wajahnya oleh Warso antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, hingga penyanyi Harvei Malaiholo.

Baca juga: Jemaah Perempuan Musala di Jatinegara Jadi Korban Pelecehan Seksual Saat Salat Berjemaah

"Itu kebanyakan yang pesan bukan beliau langsung, tapi koleganya. Tapi tetap bangga lah bisa bikin karikatur orang-orang penting," ujar dia.

Ia mengaku juga pernah melukis karikatur wajah Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Selain itu, ia banyak melukis wajah petinggi Polres Metro Jakarta Selatan.

Wajah mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar dan eks Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung pernah dilukis Warso.

Baca juga: Cair Juni 2021, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Namamu Termasuk?

Terbaru, ia melukis wajah Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Jimmy Christian Samma yang baru saja dipromosikan menjadi Kapolres Tapanuli Tengah.

"Alhamdulillah selama ini nggak pernah ada komplain. Paling cuma revisi-revisi dikit, masih wajar lah. Kalau yang sampai komplain keras gitu sih nggak ada," tutur Warso.

Selama pandemi Covid-19, Warso mengaku sempat mengalami sepi pesanan melukis karikatur. Terlebih ketika mal di Jakarta ditutup sementara.

"Pas awal pandemi mah cuma satu, dua yang pesan. Merosot parah. Sekarang mendingan lah, nggak seperti awal-awal dulu," ujar dia.

Baca juga: Antisipasi Surat Swab Palsu, Dirjen Perhubungan Keliling Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Lukisan karikatur Warso memiliki harga yang beragam, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan.

Untuk harga lukisan karikatur dengan bahan kertas berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 1,7 juta.

Sedangkan lukisan berbahan kanvas memiliki harga sebesar Rp 900 ribu hingga Rp 7,5 juta.

Lapak Warso berada di pelataran Blok M Square, tepatnya di depan Pintu Mutiara 1. Ia juga menerima pesanan melukis karikatur wajah melalui nomor telepon 0877-8101-0952.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved