Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Klaster Covid-19 Keluarga di Bambu Apus, 25 Warga Masih Jalani Isolasi

Satgas Covid-19 mencatat penurunan kasus Covid-19 aktif klaster keluarga di RW 03, Kelurahan Bambu Apus yang diduga akibat menjenguk orang sakit.

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
GETTY IMAGES via BBC INDONESIA
Ilustrasi.Satgas Covid-19 mencatat penurunan kasus Covid-19 aktif klaster keluarga di RW 03, Kelurahan Bambu Apus yang diduga akibat menjenguk orang sakit. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Satgas Covid-19 Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur mencatat penurunan kasus Covid-19 aktif klaster keluarga di RW 03, Kelurahan Bambu Apus yang diduga akibat menjenguk orang sakit.

Bila sebelumnya total kasus terkonfirmasi sebanyak 27, Camat Cipayung Fajar Eko Satrio mengatakan hingga Minggu (6/6/2021) dua warga yang sebelumnya diisolasi sudah dinyatakan sembuh.

"Sekarang kasus aktifnya 25 orang. Sebelumnya total kasus 27, tersebar di dua RT. Khusus di RT 08/RW 03 ada 25 kasus, di dua rumah," kata Fajar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (6/6/2021).

Mereka menjalani isolasi di RS Darurat Wisma Atlet berdasar pertimbangan Puskesmas Kecamatan Cipayung yang sebelumnya melakukan tes swab PCR kepada 27 warga RW 03.

Lantaran merupakan klaster keluarga besar yang masih tinggal satu rumah Satgas Covid-19 Kecamatan Cipayung tak memberlakukan mikiro lockdown atau pengendalian ketat berskala lokal (PKBL).

Baca juga: Pria Jadi Salah Tingkah Saat Masuk Restoran Ini Gegara Disapa Sayang, Apa Kata Pemilik?

Beda dengan klaster Covid-19 di RT 03/RW 03 Kelurahan Cilangkap yang menerapkan mikro lockdown karena total kasus terkonfirmasinya mencapai 111 kasus dan bukan klaster keluarga.

"Untuk RT 14 dan RT 08/RW 03 zona kuning (penyebaran Covid-19) jadi tidak dilakukan mikro lockdown," ujar Lurah Bambu Apus Dodo Supendi.

Satgas Covid-19 Kecamatan Cipayung kini memperketat pengawasan protokol kesehatan di RT 14 dan RT 08/RW 04 sebagai langkah antisipasi terjadinya penularan Covid-19 meluas.

Baca juga: Simpan 500 Gram Sabu, Bandar Narkoba yang Ditangkap Polsek Pademangan Dikendalikan dari Rutan

Jajaran Puskesmas Kecamatan Cipayung kini juga masih melakukan penelusuran terkait warga yang pernah melakukan kontak erat dengan 27 terkonfirmasi warga sebelum kasus diketahui.

Baca juga: Keponakan Bacok Paman di Tangerang Karena Warisan, Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku

"Kedepannya jika memang nanti setelah dilakukan tracing kepada warga yang lain ada yang terindikasi positif kita akan lockdown (tutup) sementara. Kita lakukan pengawasan bersama gugus tugas Covid-19 tingkat RW," lanjut Dodo.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved