Antisipasi Virus Corona di DKI

Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis di Ciracas, Puskesmas Dapat Penolakan dari Warga

Upaya Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga tak sepenuhnya disambut baik.

Penulis: Bima Putra | Editor: Muji Lestari
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ilustrasi: Permukiman warga RT 06/RW 03 Kelurahan/Kecamatan Ciracas yang memberlakukan mikro lockdown karena kasus Covid-19, Jakarta Timur, Selasa (1/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Upaya Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menggelar vaksinasi Covid-19 gratis bagi warga guna meningkatkan kekebalan tubuh tak sepenuhnya disambut baik.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Santayana mengatakan hingga kini jajarannya masih mendapati penolakan dari warga saat hendak melakukan vaksinasi Covid-19 di permukiman.

"Memang masih ada penolakan dari masyarakat untuk divaksin. Kalau alasannya (menolak) bisa ditanyakan kepada warganya," kata Santayana saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (7/6/2021).

Bila mengacu Pasal 30 dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019, warga yang menolak vaksinasi Covid-19 bisa didenda Rp 5 juta.

Namun ancaman pidana denda dan tingkat penularan Covid-19 yang masih tinggi tampaknya hanya jadi angin lalu bagi sejumlah warga Kecamatan Ciracas sehingga menolak vaksinasi.

Baca juga: Asyik Tiduran Sambil Main Handphone di Rel KA, Pelajar Tewas Ditabrak Kereta di Kebayoran Lama

"Cara yang dilakukan Puskesmas agar warga mau divaksin di antaranya melakukan sosialisasi berkesinambungan tentang keamanan vaksin. Bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal," ujarnya.

Santayana menuturkan sosialisasi tersebut gencar dilakukan lewat media sosial, hingga melibatkan anggota Satgas Covid-19 dari tingkat masing-masing Kelurahan hingga RT/RW.

Lalu dengan melakukan vaksinasi jemput bola di permukiman guna memudahkan warga yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lansia yang memiliki masalah mobilitas.

"Kita juga buat vaksinasi Covid-19 di tempat-tempat yang nyaman supaya menarik minat masyarakat untuk divaksin. Di Mal Cibubur Junction, sejauh ini kami melihat animo masyarakat masih tinggi," tuturnya.

Baca juga: Rahmat Effendi Angkat Bicara Soal Restoran Milik Anaknya Langgar Prokes Covid-19: Kan Sudah Disegel

Baca juga: Kenangan Kapolda Metro Jaya Sewaktu Taruna, Selalu Diserbu Tiap Malam karena Bawa Pulang Makanan Ini

Baca juga: Ketahuan Tidur di Rumah Istri Orang, Oknum Polisi Digerebek Teman Kerja dan Suami Selingkuhannya

Jajaran Puskesmas Kecamatan Ciracas bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas terus berupaya mengajak masyarakat agar mau menjalani vaksinasi guna menekan risiko penularan Covid-19.

Upaya mencegah penularan lewat sosialisasi protokol kesehatan dan 3T yakni testing, penelusuran riwayat kontak langsung, dan penanganan pasien terkonfirmasi pun terus dilakukan.

"Biasanya (warga) kalau sudah lihat temannya aman divaksin, baru mau divaksin," lanjut Santayana.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved