Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Hadiri Acara Resepsi Pernikahan & Arisan, Klaster Penularan Covid-19 Muncul di Perumahan THB Bekasi

Sebanyak 26 orang dinyatakan positif Covid-19, penyebab penularan berasal dari warga yang kedapatan menghadiri acara pernikahan dan arisan

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Petugas saat melakukan tracing, testing dan treatment di pemukiman warga yang ditemukan klaster pemularan Perumahan THB, Bekasi, Selasa (10/6/2021).    

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MEDAN SATRIA - Klaster penularan Covid-19 muncul di Perumahan Taman Harapan Baru (THB), RT 02 RW 25, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Sebanyak 26 orang dinyatakan positif Covid-19, penyebab penularan berasal dari warga yang kedapatan menghadiri acara pernikahan dan arisan keluarga di luar kota.

"Telah ditemukan klaster penyebaran Covid-19 dengan jumlah terpapar hingga sore ini mencapai sejumlah 26," kata Camat Medan Satria Lia Erlina, Kamis (10/6/2021).

Lia menjelaskan, awal mula klaster penularan Covid-19 diketahui setelah dua orang warga mengeluh sakit pasca-menghadiri acara pernikahan di luar Kota Bekasi.

"Kemudian dua orang warga itu melakukan swab antigen dan hasilnya positif, setelah itu dia melapor ke puskesmas," kata Lia.

Baca juga: Tertular dari 1 Orang, Lima dari 22 Warga RT 07 RW 05 Utan Kayu Selatan Cuma Isolasi Mandiri

Baca juga: 22 Warganya Positif Covid-19, RT 07 RW 05 Utan Kayu Selatan Terapkan Lockdown Sejak Hari Selasa

Petugas puskesmas dan Satgas Covid19 Kecamatan Medan Satria langsung melakukan tracing, testing dan treatment ke lingkungan tempat tinggal warga.

"Hasil 3T (tracing, testing dan treatment) penyebaran terjadi (penularan) karena warga melaksanakan kegiatan menghadiri undangan pernikahan dan arisan keluarga yang berlokasi di luar Kota Bekasi," terang Lia.

Hingga saat ini lanjut dia, 26 warga yang positif Covid-19 berasal dari sembilan kartu keluarga (KK) di RT 02 RW 25, Kelurahan Pejuang.

"Dari total yang terpapar Covid-19, sebanyak 19 orang melakukan isolasi mandiri dan tujuh orang sisanya dirawat di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan)," paparnya.  (*)

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved