Breaking News:

Ibas Raih Gelar Doktor di IPB, Dalami Kendala Utama Para UMKM untuk Disertasinya

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono baru saja dinyatakan lulus dari promosi doktor Manajemen Bisnis IPB.

Edhie Baskoro Yudhoyono berhasil menyandang gelar Doktor Manajemen Bisnis IPB. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono baru saja dinyatakan lulus dari promosi doktor Manajemen Bisnis IPB.

Kelulusan Ibas, nama sapaan EBY, disahkan setelah pemaparan disertasinya yang berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”. 

Dalam disertasinya, dijelaskan bahwa pemilihan disertasi dengan topik pengembangan pariwisata terpadu disebabkan oleh belum ada studi yang secara khusus mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu, inklusif, dan berkelanjutan, terutama strategi yang berbasis pada data-data empiris dan pemodelan statistik.

Lebih lanjut, dalam disertasinya Ibas menerangkan lima tujuan dari hasil penelitiannya.

Tujuan pertama, mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan memetakan kendala yang dihadapi jenis usaha.

Kedua, menganalisis kinerja keuangan para pelaku usaha. Ketiga, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pelaku usaha.

Keempat, menganalisis estimasi dampak pariwisata terhadap perekonomian dan kesejahteraan.

Kelima, merumuskan strategi pembiayaan dan investasi yang sesuai untuk pariwisata terpadu yang berkelanjutan dan inklusif di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo

Untuk pengambilan data, Ibas menyebutkan bahwa data dalam penelitian ini diperolehnya dari hasil wawancara menggunakan kuesioner terhadap 221 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kemudian, dirinya juga melibatkan 12 narasumber pakar yang terdiri dari pemangku kebijakan, perbankan, akademisi dan asosiasi tingkat nasional.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved