Breaking News:

Pertama di Indonesia, Provinsi Jambi Gelar Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia

kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Selasa (8/6/2021), pada waktu bersamaan, yaitu pukul 08.00 WIB, di 11 kota/kab se-Provinsi Jambi

Editor: Muhammad Zulfikar
Istimewa
Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia se-Provinsi Jambi. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni bersama seluruh Bupati dan Wali Kota se-Provinisi Jambi menginisiasi Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia se-Provinsi Jambi, Selasa (8/6/2021).

Hal itu dilakukan mengingat capaian vaksinasi kepada lansia di Provinsi Jambi masih rendah, yaitu rata-rata sebesar 6,7%, tertinggi capaian vaksinasi lansia berada di Kota Jambi yaitu 24%, sedangkan Kabupaten/Kota yang lain baru sekitar 3-5%.

"Kondisi tersebut masih jauh lebih rendah dari capaian vaksinasi kepada lansia di Indonesia, yaitu sebesar 15%," kata Pj Gubernur Jambi.

Disampaikan Ibu Nunung, sapaan akrabnya, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Selasa (8/6/2021), pada waktu bersamaan, yaitu pukul 08.00 WIB, di 11 kota/kab se-Provinsi Jambi, dan diluncurkan di Kota Jambi.

"Gerakan Serempak ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 8 dan 9 Juni 2021. Untuk tanggal 8 Juni, kegiatan dipusatkan di Kota Jambi, dihadiri secara langsung oleh Forkopimda Provinsi dan Walikota Jambi, didukung oleh TP PKK, juga dihadiri secara virtual oleh 10 Bupati dan Wako se-Provinsi Jambi yang secara bersamaan melaksanakan vaksinasi lansia di daerah masing-masing mulai pukul 08.00 WIB," paparnya.

Sedangkan untuk kegiatan vaksinasi lansia keesokan harinya di tanggal 9 Juni, dipusatkan di Kabupaten Bungo yang merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Jambi.

"Kegiatan Gerak Serempak Pekan Vaksinasi Lansia se-Provinsi Jambi bertujuan meningkatkan capaian vaksinasi kepada lansia, sehingga target vaksinasi lansia Provinsi Jambi tercapai minimal sama dengan nasional atau lebih," harap Pj Gubernur Jambi.

Baca juga: Klaster Covid-19 di Tangerang Bertambah, Puluhan Warga Satu RW di Karawaci Positif Corona

Baca juga: Besok, Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai amanat Instruksi Gubernur Jambi Nomor 5/INGUB/2021 tanggal 4 Juni 2021 dan untuk mensukseskan pekan vaksinasi serempak untuk lansia menjadi vaksinasi massal yang digagas dan dicanangkan Pj. Gubernur Jambi.

Wali Kota Jambi telah menginstruksikan kepada 1.636 Ketua RT, 62 Lurah  dan 11 Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Kepala adat dan unsur-unsur perangkat yang ada di tingkat RT, yang tersebar di 20 titik dengan target vaksinasi kepada 1.500 lansia.

Berdasarkan data yang disampaikan para bupati/walikota se-Provinsi Jambi pada Selasa (8/6/2021) sore, realisasi vaksinasi lansia di masing-masing daerah sebagai berikut: Kab. Bungo: 915 orang, Kota Jambi: 895 orang, Kab. Tebo: 705 orang, Kab. Tanjung Jabung Barat: 431 orang, Kab. Merangin: 430 orang, Kab. Tanjung Jabung Timur: 412 orang, Kab. Muaro Jambi: 383 orang Kab. Sarolangun: 321 orang, Kab. Batang Hari: 237 orang, Kab. Kerinci: 195 orang dan Kota Sungai Penuh: 86 orang. Total ada 5.010 orang lansia.

"Mengingat kegiatan vaksinasi ini masih berlangsung hingga tanggal 9 Juni 2021, maka data capaian target masih terus bergerak," tandas Pj Gubernur Jambi.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJambi.com dengan judul Pj Gubernur Launching Gerakan Serempak Pekan Vaksin Lansia se-Provinsi Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved