Breaking News:

Hasil Survei: PDIP-Gerindra Unggul, Demokrat-PSI Favorit Milenial dan Gen Z

Center for Political Communication Studies (CPCS) merilis hasil survei elektabilitas partai politik terkini.

Editor: Wahyu Aji
Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas parpol terkini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Center for Political Communication Studies (CPCS) merilis hasil survei elektabilitas partai politik terkini.

Hasilnya, PDIP dan Gerindra tetap menjadi pilihan teratas pada segmen pemilih milenial dan gen Z.

Tetapi jika dibandingkan dengan trend dalam setahunan terakhir, elektabilitas PDIP berkurang banyak, sedangkan Gerindra cenderung stagnan.

Sementara Demokrat, PKS, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi favorit pemilih milenial dan gen Z.

Elektabilitas PDIP di kalangan milenial dan gen Z mencapai 17,6 persen.

Sebagai perbandingan, pada survei antara Maret 2020 hingga Maret 2021 di antara pemilih semua umur elektabilitas PDIP selalu di atas 20 persen, bahkan sempat mencapai 30-an persen.

Sementara itu Gerindra dalam rentang yang sama dan semua umur pada kisaran 12-14 persen, demikian pula pada pemilih milenial dan gen Z elektabilitasnya relatif sama yaitu 13,4 persen.

Demokrat yang elektabilitasnya di antara pemilih milenial dan gen Z mencapai 10,3 persen menggusur Golkar yang biasanya selalu urutan ketiga di antara pemilih semua umur.

"PDIP dan Gerindra unggul, tetapi Demokrat, PKS, dan PSI paling favorit bagi pemilih milenial dan gen Z," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. lewat keterangan yang diterima, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, PKS yang biasanya pada kisaran 5 persen elektabilitasnya di antara milenial dan gen Z mencapai 7,7 persen, sedangkan PSI tembus 5,0 persen dari biasanya 4 persen.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved