Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

BNPB dan BPBD Tinjau Asrama Haji Pondok Gede: Siap Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

BNPB meninjau fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina | Editor: Erik Sinaga
Istimewa
BNPB dan BPBD tinjau fasilitas kesehatan dan tempat isolasi mandiri di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Jumat (18/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur.

BNPB diwakili oleh Deputi Penanganan Dody Ruswandi bersama Plt Kepala Pelaksana.

Peninjauan ini menyusul lokasi tersebut yang direncanakan akan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG), lantaran kasus Covid di DKI Jakarta kian meningkat.

Selain itu, dalam waktu dekat para tenaga kesehatan, alat kesehatan hingga ambulans akan didatangkan ke lokasi tersebut.

"Di sini tempat sudah siap betul sehingga nanti kita siapkan nakes. Kemudian mempersiapkan alat-alat kesehatan, untuk OTG tidak terlalu banyaklah ambulance. Lalu akan ada pelatihan nakes, dua atau tiga hari sehingga bertahap mulai," kata Dody kepada awak media, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Gerebek Indekos di Rawamangun, Satpol PP Temukan Banyak Kondom di Kamar: Diduga Tempat Prostitusi

Nantinya, tiga gedung yang berkapasitas 800 hingga 900 tempat tidur siap menampung pasien Covid-19 dalam waktu dekat.

"Nah mungkin sekarang bagaimana tenaga kerja medisnya. Sekarang itu di Nagreg kemarin kita tinjau di rusun ada 2500 ya, sudah siap pelatihannya dari tim Wisma Atlet. Tim Wisma Atlet melakukan pendampingan nakes di sana, nanti siang sudah mulai simulasi setelah itu ke sini," lanjutnya.

Sementara itu, menurut Sabdo dari 31 titik tempat isolasi yang disediakan Pemprov DKI Jakarta, pengisiannya akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Jakmania Wajib Catat, Bocoran Draft Jadwal Persija di Liga 1 2021: Lawan Persib Tanggal 25 September

Pada tahap satu dan dua akan ada tujuh lokasi, sementara sisanya pada tahap tiga.

"Nah sampai hari ini yang baru diisi itu adalah Graha Wisata Taman Mini dan Ragunan. Sementara yang lain belum karena kami juga masih memasukkan teman-teman yang kena di Wisma Atlet," ungkapnya.

Baca juga: Jadwal dan Spoiler One Piece 979, Kyoshiro Bawa Ribuan Pasukan Samurai Menuju Onigashima

"Persiapan kita InsyaAllah, kami didukung BNPB, SKPD di Jakarta sigap, Kementerian juga dukung, semua karena pada prinsipnya kita kolaborasi. Pada intinya kita siap," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved