Antisipasi Virus Corona di DKI

Deretan Foto Anies Sidak Kafe di Kemang, Temukan Banyak Pelanggaran, Satu Kafe Didenda Rp50 Juta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran dan kafe di kawasan Kemang

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran dan kafe di kawasan Kemang dan Senopati, Jakarta Selatan Sabtu (19/6/2021) dini hari tadi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMANG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran dan kafe di kawasan Kemang dan Senopati, Jakarta Selatan Sabtu (19/6/2021) dini hari tadi.

Anies tak sendiri, ia turut didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

Total ada tiga lokasi yang disidak Gubernur Anies, yaitu Restoran Le Quartier di Kebayoran Baru, Ruci’s Joint Senopati, serta 15 Park Kemang.

Saat melakukan sidak di ketiga lokasi tersebut, Anies cs menemukan beragam pelanggaran protokol kesehatan.

Mulai dari melebihi kapasitas 50 persen hingga jarak kursi pengunjung yang terlalu berdekatan.

"Kami masih menemukan praktekctidak bsrtanggungjawab dari para pengelola di mana kapasitas tempat yang maksimal 50 persen terlampaui," ucapnya, Jumat (18/6/2021) malam.

Baca juga: 4.737 Orang Terpapar Covid-19 Hari Ini, Anies Baswedan: Rekor Tertinggi Selama Masa Pandemi

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di DKI Capai 24.511, Anies Baswedan: Nomor Satukan Keselamatan

Melihat adanya pelanggaran prokotol kesehatan, orang nomor satu di DKI itu langaung menemui pengelola tempat makan tersebut.

Ia pun langsung menindak tegas rumah makan tersebut dengan memberikan sanksi sesuai aturan yang dilanggar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran di kafe di kawasan Kemang dan Senopati, Jakarta Selatan Sabtu (19/6/2021) dini hari tadi.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran dan kafe di kawasan Kemang dan Senopati, Jakarta Selatan Sabtu (19/6/2021) dini hari tadi. (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

"Saya minta kepada semuanya untuk taat peraturan, ingat keselamatan! Kami menemukan (pelanggaran) dan beberapa langsung ditutup didenda," ujarnya.

Bahkan, ada rumah makan yang langsung diberi sanksi denda administrasi sebesar Rp50 juta.

"Untuk pelanggaran pertama adalah 1x24 jam, ditutup langsung satu jam sejak ditemukan pelanggaran. Langkah ini akan dilakukan pada semua dan setiap pelanggaran yang terjadi di Jakarta," tuturnya.

Baca juga: Tekan Laju Penularan Covid-19, Gubernur Anies Terapkan Jam Malam

Baca juga: Gubernur Anies Larang Seluruh Gedung di Jakarta Sediakan Asbak Rokok

Tak hanya itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengingatkan pengelola untuk disiplun menerapkan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

Sebab, bila mereka melanggar protokol kesehatan, maka secara tidak langsung mereka ikut mengirimkan orang ke rumah sakit akibat pelanggannya terpapar di tempat makan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved