Breaking News:

Melihat Uma Lengge, Rumah Adat Bima yang Telah Berusia Lebih dari 500 Tahun

Bangunan tersebut disebut Uma Lengge. Warga sekitar biasa menggunakan bagian bawah Uma Lengge untuk sekedar duduk bersantai sambil menikmati alam Bima

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Uma Lengge (rumah adat) di Desa Wisata Maria, Wawo, Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, WAWO – Memiliki alam yang luar biasa indah dan nilai budaya yang begitu kuat nan kental, Desa Wisata Maria berhasil membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, terkesima saat mengunjunginya pada Minggu (13/6/2021) pekan lalu.

Desa Wisata Maria ini berada di atas perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut (MDPL), terletak di Kecamatan Wawo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya di Desa Maria sangat terpukau, tidak hanya dengan alamnya, tapi juga budayanya," kata Sandiaga di lokasi acara didampingi publik figur yang terkenal dengan jargon ‘Ashiap’ Atta Halilintar beserta istrinya, Aurel Hermansyah.

Sandiaga juga yakin, dengan beberapa perbaikan dari segi konstruksi dan sebagainya, Desa Wisata Maria akan menjadi satu di antara sejumlah destinasi wisata favorit di Indonesia.

“Wawo adalah salah satu kecamatan yang berada sekitar 600 MDPL, yang tentu punya beragam kekhasan. Oleh karena itu mudah-mudahan akan bangkitkan pariwisata yang sempat down di dua tahun terakhir ini,” katanya saat itu didampingi publik figur lainnya, Rigen Rakelna yang merupakan komika tanah air.

Hal yang paling menarik perhatian di Desa Wisata Maria, adalah bangunan rumah kayu bertingkat yang memiliki ukuran lebar dan panjang 2x2 meter, dengan tinggi kurang lebih lima meter.

Bangunan tersebut disebut Uma Lengge. Warga sekitar biasa menggunakan bagian bawah Uma Lengge untuk sekedar duduk bersantai sambil menikmati alam Bima.

Bahkan, saat TribunJakarta berkunjung kesana, tak sedikit warga yang tengah menenun kain di bagian bawah Uma Lengge.

Sementara pada bagian atas, terdapat ruangan yang digunakan untuk menyimpan hasil tani berupa padi, jagung, dan masih banyak lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved