Breaking News:

Dukcapil Jakarta Selatan Permudah Warga Usia 16-17 Rekam E-KTP

Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan mempermudah perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi warga berusia 16-17 tahun.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
Wartakota/Henruy Lopulalan
Ilustrasi KTP Elektronik - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan mempermudah perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi warga berusia 16-17 tahun. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan mempermudah perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi warga berusia 16-17 tahun.

Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris mengatakan, jumlah warga yang berusia 16-17 tahun sebanyak 31.898 orang berdasarkan data Januari 2021.

Sementara, warga usia 16-17 tahun yang telah melakukan perekaman E-KTP mencapai 12.483 orang.

Haris menjelaskan, pihaknya melakukan inovasi berupa perekaman E-KTP secara lintas wilayah untuk warga usia 16-17 tahun.

"Inovasi lintas wilayah, untuk anak usia 16-17 di Jakarta Selatan yang hendak melakukan perekaman E-KTP tidak harus melakukan perekaman di kelurahan sesuai KK. Tapi bisa datang langsung ke kantor kelurahan sesuai berdomisili," kata Haris dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/6/2021).

Haris mencontohkan, warga yang berdomisili di Duren Tiga, Pancoran bisa langsung datang ke kantor kelurahan meski memiliki Kartu Keluarga (KK) di Tebet Timur.

Menurutnya, cara itu juga dinilai efektif membatasi aktivitas warga di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Jakarta.

"Banyak warga yang domisili tidak sesuai KK, dan juga dengan kebijakan PPKM berbasis mikro untuk membatasi aktivitas warga," ujar dia.

Baca juga: Kondisi Bocah yang Tewas Tertimpa Tembok saat Dievakuasi, 10 Teman Korban Selamat Lompat ke Sawah

Baca juga: Uji Coba Pesepeda Road Bike di JLNT Dihentikan, Polisi: Silahkan Ambil Jalur Kiri

Baca juga: Preman Ngamuk Narik Pungli Sambil Tendang Gerobak Pedagang, Polisi Gerak Cepat Ringkus Pelaku

Ia menambahkan, kebijakan itu juga berlaki bagi warga usia 16-17 yang bersekolah di Jakarta, namun berasal dari luar ibu kota.

"Untuk perekaman E-KTP bukan di Kantor Kelurahan, tapi di Kantor Sudin Dukcapil Jakarta Selatan," pungkas Haris.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved