Antisipasi Virus Corona di DKI

Jenazah Covid-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk, Pemprov DKI Beri Penjelasan, Ini Fakta Sebenarnya

Pemprov DKI Jakarta akhirnya buka suara perihal viralnya truk berpelat merah yang sedang mengangkut peti jenazah Covid-19. Ini penjelasannya

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Viral di media sosial sejumlah foto yang memperlihatkan sebuah truk berkelir hijau mengangkut beberapa peti mati warna putih. 

TRIBUNJAKARTA.COM,  JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzy Marsitawati akhirnya buka suara perihal viralnya truk berpelat merah yang sedang mengangkut peti jenazah Covid-19.

Dalam foto yang sudah beradar di media sosial, memperlihatkan truk berpelat merah dengan nomor polisi kode B dipakai mengangkut peti jenazah kasus Covid-19.

Pada bagian depan truk, terpasang spanduk putih dengan tulisan warna hijau 'Mobil Angkutan Jenazah'.

TONTON JUGA

Peti jenazah itu diangkut ke dalam bagian belakang truk oleh petugas yang mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap berupa hazmat.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzy Marsitawati menjelaskan bahwa truk dan kegiatan tersebut masih sebatas simulasi.

Ia belum bisa memastikan apakah simulasi penggunaan truk sebagai pengangkut jenazah kasus Covid-19 akan direalisasikan atau tidak.

jenazah covid diangkut truk 2
Beredar foto di media sosial Twitter memperlihatkan truk berpelat merah dengan nomor polisi kode B dipakai mengangkut peti jenazah kasus Covid-19.

"Ini simulasi. (Rencana penggunaan) Belum tahu," kata Suzy saat dikonfirmasi, Selasa (22/6/2021).

Terpisah, Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo juga menegaskan sampai saat ini pengangkutan jenazah Covid-19 masih tetap menggunakan mobil ambulans.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon HUT ke-494 DKI Jakarta di 22 Juni 2021, Bisa Dibagikan ke Media Sosial

Baca juga: Klasemen Akhir Grup B Piala Eropa: Belgia Tak Terbendung, Denmark Sudah Ditunggu Bale Cs di 16 Besar

Baca juga: Hasil Piala Eropa 2020 Grup B: Belgia Tak Terbendung di Fase Grup, Pemain Liga Jepang Jadi Pembeda

"Seluruh jenazah diantar dengan mobil ambulans jenazah," kata Ivan.

Kendati jumlah kasus Covid-19 alami penambahan signifikan dan kegiatan penguburan jenazah cukup tinggi, Ivan menegaskan mobil ambulans masih jadi moda utama pengangkutan jenazah.

"Belum ada. Masih pakai mobil ambulans," tegasnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, jumlah penguburan jenazah Covid-19 mencapai 80 kali dalam sehari.

Beredar foto di media sosial Twitter memperlihatkan truk berpelat merah dengan nomor polisi kode B dipakai mengangkut peti jenazah kasus Covid-19. Pada bagian depan truk, terpasang spanduk putih dengan tulisan warna hijau 'Mobil Angkutan Jenazah'.
Beredar foto di media sosial Twitter memperlihatkan truk berpelat merah dengan nomor polisi kode B dipakai mengangkut peti jenazah kasus Covid-19. Pada bagian depan truk, terpasang spanduk putih dengan tulisan warna hijau 'Mobil Angkutan Jenazah'. (Twitter @nicolaslkh)

Padahal sebelum kasus melonjak, penguburan paling tinggi hanya 20 jenazah

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved