Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Puluhan Warganya Kena Covid-19, 2 RT di Kelapa Dua Wetan Terapkan Mikro Lockdown

Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur memberlakukan mikro lockdown di permukiman warga RT 03 dan RT 05/RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Freepik via Tribunnews.com
Ilustrasi Virus Corona - Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur memberlakukan mikro lockdown di permukiman warga RT 03 dan RT 05/RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur memberlakukan mikro lockdown di permukiman warga RT 03 dan RT 05/RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Camat Ciracas Mamad mengatakan pemberlakuan mikro lockdown pada kedua RT sejak tanggal 21 Juni 2021 tersebut akibat ditemukan puluhan warganya terkonfirmasi Covid-19.

"Total kasus aktif (masih terkonfirmasi) Covid-19 di RT 03/RW 01 sebanyak 21 warga. Untuk RT 05/RW 01 total kasus aktifnya 34," kata Mamad saat dikonfirmasi di Ciracas Jakarta Timur, Selasa (22/6/2021).

Jumlah tersebut akumulasi sejak pihak Puskesmas Kecamatan Ciracas melakukan uji tes swab PCR secara bertahap kepada warga atau sebelum mikro lockdown diberlakukan.

Berdasar hasil penelusuran jajaran Puskesmas Kecamatan Ciracas terhadap warga yang terkonfirmasi Covid-19, penularan pada kedua RT merupakan klaster keluarga besar.

Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia.
Varian baru virus corona yang ditemukan (GETTY IMAGES via BBC INDONESIA)

"Ini dari klaster keluarga. Untuk warga terkonfirmasi Covid-19 di kedua RT sekarang ada yang isolasi mandiri di rumah dan ada dirujuk ke RS rujukan pasien Covid-19," ujarnya.

Selama mikro lockdown atau pengendalian ketat berskala lokal (PKBL) ini berlaku akses keluar masuk permukiman warga RT 03 dan RT 05/RW 01 dibatasi dan dijaga petugas gabungan.

Baca juga: Angelo Alessio Datang, Jakmania Minta Persija Rekrut Pemain Baru: Kalau Tak Bisa Bawa Juara, Keluar!

Baca juga: 31 Lokasi Isolasi Mandiri di Jakarta, Cek Juga Kriteria Pasien Covid-19 Perlu Dibawa ke RS

Baca juga: Kasus Positif Meningkat, Titik Penjemputan Pasien Covid-19 dengan Bus Sekolah Semakin Bertambah

Mamad menuturkan kebutuhan logistik makan dan minum warga selama menjalani isolasi mandiri di rumah dipasok jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur, kondisi mereka pun dipantau tim medis.

"Untuk pemberlakuan PKBL di kedua RT berlangsung selama dua pekan. Kita terus mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19, jangan lengah," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved