Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Kali Ciliwung Meluap, Warga Kebon Pala Girang Punya Area Bermain dan Perpustakaan Mini

Warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jaktim korban banjir luapan Kali Ciliwung menyambut baik hasil program bedah rumah

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Anak-anak warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung saat bermain perosotan di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur korban banjir luapan Kali Ciliwung menyambut baik hasil program bedah rumah.

Tidak hanya karena pengerjaan 18 rumah warga RW 04 yang dibedah dengan konsep rumah panggung setinggi 3,5 meter oleh Baznas (Bazis) DKI Jakarta dilakukan secara gratis.

Kabul Arifin (48), satu warga RT 13/RW 04 mengaku puas dengan hasil pengerjaan karena kini warga memiliki perpustakaan dan area bermain anak di lantai satu rumah panggung.

"Ada perosotan dan ayunan, jadi sekarang anak-anak senang bermain di lantai satu bawah rumah panggung ini. Ditambah lagi sekarang ada perpustakaan kecil," kata Arifin di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya keberadaan area bermain dan perpustakaan mini tersebut membuat anak-anak lebih gemar bermain dan berinteraksi langsung dibanding bermain game di handphone.

Anak-anak warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung saat bermain perosotan di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021).
Anak-anak warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung saat bermain perosotan di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Sementara keberadaan perpustakaan mini yang juga terletak di lantai satu rumah panggung diharapkan meningkatkan minat baca dan membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah.

"Dibanding main game di handphone terus lebih baik membaca buku atau bermain interaksi langsung kan. Serba nyaman lah sekarang, rumah bagus, ada area bermain anak dan perpustakaan," ujarnya.

Kabul Arifin (48), warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung saat menunjukkan perpustakaan mini yang dibangun Bazis DKI Jakarta di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021).
Kabul Arifin (48), warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung saat menunjukkan perpustakaan mini yang dibangun Bazis DKI Jakarta di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (23/6/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Unus Buhari (72), warga RW 04 lain yang rumahnya dibedah dengan konsep rumah panggung juga mengaku puas dengan hasil pengerjaan program bedah rumah di permukiman Kebon Pala.

Baca juga: Gubernur Anies Tarik Rem Darurat, Ini 11 Poin Aturan Lengkap Pembatasan Kegiatan di DKI Jakarta

Dia mencontohkan mural yang kini menghiasi tembok rumah warga Kebon Pala, di antaranya gambar Ondel-ondel, delman, ajakan membaca, hingga gambar taman bermain anak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved