Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Sentra Ekonomi Nasional, Kawasan Pelabuhan di Indonesia Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Covid-19

Serbuan Vaksinasi Covid-19 dari jajaran TNI-Polri tengah digencarkan di Pelabuhan Tanjung Priok, dengan jumlah peserta sehari mencapai 2.000 orang.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Program vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Jajaran TNI-Polri menyasar kawasan pelabuhan sebagai titik percepatan Serbuan Vaksinasi Covid-19.

Aktivitas ekspor impor yang masif serta kawasan pelabuhan yang menjadi salah satu pusat ekonomi nasional membuat seluruh pegawai serta masyarakat di sekitar pelabuhan harus segera divaksinasi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang digencarkan di kawasan pelabuhan untuk melindungi karyawan dan masyarakat di sekitarnya.

Kini, Serbuan Vaksinasi Covid-19 dari jajaran TNI-Polri tengah digencarkan di Pelabuhan Tanjung Priok, dengan jumlah peserta sehari mencapai 2.000 orang.

Selanjutnya, kata Hadi, program serupa akan dijalankan di Pelabuhan Tanjung Mas, Jawa Tengah, dan Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur.

Program vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021).
Program vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

"Kemungkinan besok kita akan laksanakan di Tanjung Perak dan Tanjung Mas, karena untuk melindungi seluruh karyawan di area pelabuhan agar terhindar dari terpaparnya Covid-19," kata Hadi di Tanjung Priok, Rabu (23/6/2021).

Vaksinasi menyasar pegawai pelabuhan mulai dari tenaga pendukung, operator alat berat, hingga tenaga bongkar muat.

Dengan terjaganya imunitas para pekerja di pelabuhan, aktivitas ekspor impor diharapkan berjalan lancar di tengah pandemi yang masih merebak.

"Dari karyawan (Pelabuhan Tanjung Priok) sendiri sebanyak 12.000 sudah terlaksana 93 persen. Hari ini Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan oleh TNI dan Polri akan menargetkan 2.000, dan akan dilaksanakan setiap hari, termasuk keluarga dan masyarakat di sekitar pelabuhan," kata Hadi.

Senada, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit menyatakan, kawasan pelabuhan menjadi tempat prioritas digelarnya vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, pelabuhan menjadi suatu sentra ekonomi tempat keluar masuknya barang ke Indonesia.

"Itu menjadi salah satu wilayah prioritas yang akan di lakukan vaksinasi. Demikian tempat lain, seperti terminal dan titik sentra ekonomi tentunya," kata Kapolri.

Vaksinasi ini juga digencarkan untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity yang sebelumnya menjadi harapan Presiden Joko Widodo.

Presiden sebelumnya berharap herd immunity di Indonesia segera terbentuk usai tibanya 10 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved