Sisi Lain Metropolitan

Kisah Agung, Penyintas Covid-19 yang Memotivasi Mantan Pasien Corona untuk Donor Plasma Konvalesen

Agung menjadi satu diantara mantan penderita Covid-19 yang memberikan motivasi agar rekannya yang baru saja sembuh dari corona untuk melakukan donor

Istimewa
Agung Prambudi, penyitas Covid-19 yang kini memotivasi rekan seperjuangannya untuk mencoba donor plasma konvalesen 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menjadi penyintas Covid-19, Agung Prambudi (33) mengajak sesama penyitas corona untuk mencoba donor plasma konvalesen.

Donor plasma konvalesen diketahui sebagai metode terbaik untuk penyembuhan virus corona atau Covid-19 di tengah pandemi.

Selain itu, donor plasma konvalesen hanya bisa dilakukan oleh individu yang sudah sembuh dari Covid-19 dan donor ini dibutuhkan sejumlah pasien Covid-19 yang masih terpapar untuk membantu kesembuhan mereka.

Berangkat dari hal tersebut, Agung menjadi satu diantara mantan penderita Covid-19 yang memberikan motivasi agar rekannya yang baru saja sembuh dari corona untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Agung menceritakan mulanya ia merupakan pasien Covid-19 yang dinyatakan positif pada Sabtu (5/12/2020) lalu.

Kemudian ia dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Atlet pada Senin (7/12/2020).

Setelah menjalani isolasi mandiri beberapa hari, ia dinyatakan negatif covid atau sembuh pada Jumat (18/12/2020).

Setelah hampir sebulan kembali ke rumah dibilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ia mendapatkan kabar perihal pasien covid yang membutuhkan donor plasma konvalesen.

Tanpa pikir panjang, ia akhirnya coba menghubungi keluarga pasien.

"Saya dapet info dari kirimin broadcast perihal donor plasma konvalesen dengan golongan darah O. Kebetulan saya penyitas covid jalan sebulan sembuh dan bersedia mendonorkan," ucap Agung saat itu.

"Silakan dateng aja ke RSUP Fatwamati. Nanti ke Unit Transfusi Darah. Ada keluarga saya yang menunggu di situ," jawab keluarga pasien.

"Jadi ini merupakan awal mula saya merasa bahwa donor plasma konvalesen ini penting. Saya datang ke RSUP Fatmawati sekitar pukul 10.00 WIB. Di situ ada 5 pendonor dan setelah dicek ternyata saya yang cocok, sesuai kriteria,"  jelasnya kepada TribunJakarta.com, Selasa (29/6/2021).

Sebelum melakukan donor, Agung menuturkan bila dokter menjelaskan perihal efek samping selama proses donor plasma konvalesen dilakukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved