Breaking News:

Sambut PON XX, Musisi Ini Ajak Mengharumkan Indonesia dari Papua

Menjelang PON XX Papua, seluruh elemen masyarakat, khususnya para milenial dan kalangan muda menyambut dengan gegap gempita.

Editor: Wahyu Aji
Forum Diskusi Terbuka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang PON XX Papua, seluruh elemen masyarakat, khususnya para milenial dan kalangan muda menyambut dengan gegap gempita.

Munculnya nama Nagita Slavina, istri artis ternama Raffi Ahmad menjadi ikon PON dan usulan Arie Kriting serta warga Papua lainnya untuk menyertakan para perempuan asli Papua menarik perhatian seluruh kalangan.

Beberapa mengajak momen ini menjadikan warga Papua yang terus berkarya dan berprestasi di tingkat nasional serta memiliki kesempatan yang sama dalam berkebudayaan di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi isu utama dalam Talkshow virtual yang diselenggarakan Channel INC TV, Rabu (30/6/2021).

Pihak penyelenggara menjelaskan bahwa polemik tentang ikon PON XX Papua telah menyadarkan kita bahwa orang Papua sangat bangga menjadi salah satu bagian peradaban Indonesia yang memiliki kekhasan seperti daerah lainnya.

Bahwa Papua itu sangat bernilai dan mampu memberikan nilai bagi kebangsaan Indonesia.

Forum ini membincang  Papua sebagai kekayaan budaya yang memiliki kekhasan tersendiri sebagai bagian dari peradaban Indonesia.

Menurut penyelenggara, Ali A.H,  sejak era pra kemerdekaan, Papua telah menyatu dengan daerah lainnya  bagian timur Indonesia seperti Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan lainnya dalam ikatan ras melanisia.

Artinya, Indonesia itu terdiri dari berbagai ras termasuk ras melanisia, jadi sejak dahulu kala, Indonesia telah menghilangkan sekat-sekat rasis.

“Sejatinya warga Papua bangga menjadi bagian dari Indonesia, Peradaban Papua adalah bagian dari peradaban Indonesia, karenanya wajar jika dalam PON XX di Papua, para anak muda ingin menampilkan representasi dari identitas budaya asli Papua dalam pagelaran nasional tersebut.” kata Ali.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved