Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Jakarta Timur Sumbang Kasus Covid-19 Tertinggi Se-DKI, Wakil Wali Kota Singgung Kesadaran Warga

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengatakan satu penyebab penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 akibat tingkat kepatuhan menurun

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Bima Putra
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat saat memberi keterangan terkait vaksinasi massal Covid-19 di Ciracas, Jumat (2/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Satgas Covid-19 Jakarta Timur angkat bicara atas penambahan jumlah kasus terkonfirmasi di wilayah mereka yang dalam dua pekan terakhir paling tinggi se-DKI Jakarta.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengatakan satu penyebab penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 itu akibat tingkat kepatuhan protokol kesehatan warga menurun.

"Sebetulnya segala upaya, baik itu sosialisasi, penindakan dan sebagainya itu sudah kami lakukan. Imbauan dari pihak RT/RW, tapi kembali lagi ke kesadaran warga," kata Hendra saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (4/7/2021).

Namun semua upaya sosialisasi hingga penindakan yang dilakukan belum membuat warga Jakarta Timur mematuhi protokol kesehatan sehingga penularan Covid-19 meluas.

Dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jakarta Timur merupakan satu dari 44 Kota di Provinsi Jawa dan Bali yang masuk dalam kriteria level 4.

Artinya ada lebih dari 150 kasus Covid-19 per 100 ribu penduduk, lebih dari 30 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, dan lebih dari 5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk.

"Kami berharap kegiatan yang sekarang dilakukan ini, PPKM Darurat itu bisa menekan laju Covid-19. Memang Jakarta Timur sampai saat ini masih paling besar (penambahan kasus), upaya terus kami lakukan," ujarnya.

Baca juga: Daftar Lokasi Penyekatan di Tangerang Selatan Selama Penerapan PPKM Darurat

Baca juga: Gerombolan Pemuda Kedapatan Bawa Senjata Tajam saat Hendak Melintasi Pos Penyekatan PPKM Darurat

Baca juga: Per Hari Hampir 10 Ribu Orang Positif Covid-19 di Jakarta, Kasus Usia 18 Tahun ke Bawah Bertambah

Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan menuturkan total kasus terkonfirmasi Covid-19 sejak awal pandemi hingga Jumat (2/7/2021) tercatat sebanyak 121.999 kasus.

Kasus aktif Covid-19 atau warga yang masih terkonfirmasi sebanyak 20.729 orang dan kasus meninggal sebanyak 1.657 warga, jumlahnya tersebar di 10 Kecamatan Jakarta Timur.

"Dengan zonasi zona merah (kategori penyebaran Covid-19) sebanyak 7 RT, zona oranye 274 RT, zona kuning 2.478 RT, dan zona hijau 5.181 RT," tutur Erwin.

Berdasar data penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 harian di DKI Jakarta pada Sabtu (3/7/2021), Jakarta Timur berada di nomor urut satu dengan jumlah 2.974 kasus.

Jakarta Selatan dengan 1.798 kasus, Jakarta Barat dengan 1.603 kasus, Jakarta Pusat dengan jumlah 1.216 kasus, Jakarta Utara dengan 801 kasus, Kepulauan Seribu dengan jumlah 15 kasus.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved