Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Satpol PP Jakarta Timur Bakal Tutup Penampungan Hewan Kurban di Zona Merah Penyebaran Covid-19

Satpol PP Jakarta Timur segera menindak tempat penampungan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah yang berada di zona merah penyebaran Covid-19

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
Dokumentasi Satpol PP Jakarta Timur
Jajaran Satpol PP Jakarta Timur saat proses pendataan tempat penampungan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Satpol PP Jakarta Timur segera menindak tempat penampungan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah yang berada di zona merah penyebaran Covid-19

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan penindakan berupa penutupan tempat penampungan hewan kurban tersebut guna mencegah penularan Covid-19 meluas.

"Mulai tanggal 12 Juli kita lakukan penindakan. Penertiban penampungan yang tidak sesuai ketentuan dilakukan Satpol PP tingkat Kota, Kecamatan, atau Kelurahan," kata Budhy saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Pasien Covid-19 Bisa Tebus Obat Gratis di Kimia Farma Lewat Layanan Telemedicine, Begini Caranya

Penindakan baru dilakukan pekan depan karena kini jajaran Satpol PP dan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur masih mendata tempat penampungan.

Dalam hal ini Sudin KPKP bertugas melakukan pemeriksaan antemortem seluruh hewan kurban, sementara Satpol PP Jakarta Timur mengawasi lokasi penampungan di 65 Kelurahan.

Baca juga: VIDEO Anies Baswedan Pecat 8 Anggota Dishub DKI yang Nongkrong di Warkop: Silakan Keluar Barisan

"Sesuai Imendagri (Intruksi Mendagri) tempat penampungan hewan kurban tidak boleh berada pada lingkungan RT yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19 hitungan jumlah rumah yang penghuninya terpapar Covid-19," ujarnya.

Satu RT dinyatakan zona merah bila jumlah kasus aktif Covid-19-nya terdapat lebih dari lima rumah, hal ini juga jadi acuan penetapan mikro lockdown atau pengendalian ketat berskala lokal (PKBL).

Baca juga: Sebelum Vaksinasi Covid-19 di RSIA SamMarie Basra, Masyarakat Diminta Daftar Via Online

Budhy menuturkan larangan tempat penampungan hewan kurban berada di zona merah penyebaran Covid-19 juga mengacu pada Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 43 tahun 2021.

"Dalam Ingub tersebut Satpol PP menertibkan lokasi penampungan, penjualan, dan pemotongan hewan kurban di luar lokasi yang ditentukan dan tidak melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved