Breaking News:

Euro 2020

Termasuk Laga Final, Timnas Inggris Enam Kali Berlaga di Kandang Selama Gelaran Euro 2020

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut gelaran Euro 2020 yang menggunakan sistem multi-kota sebagai tuan rumah tidak adil.

JUSTIN TALLIS / POOL / AFP
Para pemain Inggris merayakan kemenangan setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Euro 2020 memang menggunakan sistem yang sama seperti edisi sebelumnya, Euro 2016, yakni putaran final yang diikuti 24 tim dan babak gugur dimulai dari 16 besar.

Namun, ada yang berbeda antara Euro 2016 dengan Piala Eropa kali ini terkait tuan rumah penyelenggara.

Pada gelaran Euro 2016, Prancis menjadi tuan rumah tunggal dan menyediakan 10 stadion untuk menggelar seluruh pertandingan.

Sementara dalam gelaran tahun ini, Euro 2020 menggunakan sistem tuan rumah multi-kota, yang berarti tidak hanya satu negara yang menjadi tuan rumah partai Piala Eropa.

Awalnya ada 13 kota di seluruh Eropa yang akan menjadi tuan rumah EURO 2020.

Namun, karena pandemi COVID-19, jumlah tuan rumah Euro 2020 dikurangi menjadi 11 kota, yakni London, Glasgow, Amsterdam, Kopenhagen, Saint Petersburg, Seville, Munich, Baku, Roma, Bucharest, dan Budapest.

Keputusan menggelar Euro 2020 dengan sistem tuan rumah multi-kota pun menuai kritik.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut gelaran Euro 2020 yang menggunakan sistem multi-kota sebagai tuan rumah tidak adil.

Pasalnya, tim yang mampu melangkah jauh pada gelaran Piala Eropa kali ini hanyalah tim yang memainkan semua pertandingan fase grupnya di rumah sendiri.

Setidaknya ada empat tim yang melangkah jauh karena memainkan tiga pertandingan fase grupnya di kandang sendiri, yakni Denmark, Inggris, Italia, serta Spanyol, dan keempat tim itu lolos ke semifinal EURO 2020.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved