Info Kuliah

Daftar Jurusan Kuliah Paling Cepat Dapat Kerja di Tengah Pandemi, Cek Juga Profesi Paling Dicari

Simak daftar jurusan kuliah paling cepat dapat kerja dan profesi paling banyak dicari di tengah pandemi covid-19.

freepik.com
Daftar Jurusan Kuliah Paling Cepat Dapat Kerja di Tengah Pandemi, Cek Juga Profesi Paling Dicari 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bagi pelajar yang baru lulus SMA, apakah kalian berencana melanjutkan studi di bangku kuliah? Jika iya, kalian harus memilih jurusan kuliah terlebih dahulu.

Saat memilih jurusan kuliah, kalian harus memilih perguruan tinggi yang diinginkan.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan prospek jurusan kuliah tersebut ke depannya.

Kalian harus mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing jurusan.

Dari sana, kalian bisa memperoleh dua sampai tiga jurusan kuliah dari banyaknya jurusan yang diincar.

Country Manager JobStreet Indonesia, Faridah Lim menjelaskan, terdapat beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan selama masa pandemi Covid-19.

"Administrasi, human resource, akuntansi, teknik dan pengembangan bisnis," terang Faridah kepada TribunJakarta pada Senin (12/7).

Baca juga: Masih Ada Waktu untuk Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021, Catat 5 Jenis Programnya

Berdasarkan catatan Jobstreet, terdapat 10 sektor industri yang memiliki lowongan kerja tertinggi.

Di urutan pertama adalah sektor manajemen/konsultasi SDM, disusul layanan kesehatan, transportasi/logistik, perdagangan umum/grosir, makanan dan minuman, komputer/teknologi informasi, produk konsumen, ritel, manufaktur/produksi, dan properti.

Tak hanya itu, Faridah Lim menilai, saat ini profesi yang berhubungan dengan digital, khususnya digital marketing (DM) menjadi profesi yang paling banyak dibutuhkan perusahaan.

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

"Peningkatannya 66 persen. Mungkin karena sekarang semakin banyak perusahaan sudah beralih ke digital," jelas Faridah Lim.

Lebih lanjut, Faridah memaparkan, beberapa jobdesk dalam ranah digital marketing yang paling banyak dibutuhkan perusahaan di antaranya social media specialist, digital marketing manager, SEO specialist, dan konten kreator.

Kemudian, pekerjaan lainnya yang juga mengalami peningkatan yakni Sales-ritel umum, Marketing/Pengembangan Bisnis, Sales-Korporat dan Seni Kreatif/Desain Grafis.

Baca juga: Beasiswa Baznas untuk Kuliah S1 di Malaysia Dibuka, Studi Gratis dan Dapat Uang Saku

Faridah menuturkan, selama pandemi kandidat pencari kerja juga mengalami peningkatan menjadi 51 persen dan jumlah lowongan pekerjaan meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi yang tengah berlangsung.

"Kandidat yang aktif melakukan pencarian pekerjaan naik sekitar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 40 persen ke 51 persen," tutur Faridah.

Faridah menyatakan, saat ini angka pencari kerja meningkat dengan signifikan karena tersedianya vaksin Covid-19 yang membuka semakin banyak peluang kerja bagi masyarakat Indonesia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved