Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Sepekan PPKM Darurat, Polda Metro Jaya: Mobilitas Warga Jakarta Meningkat Akhir-akhir

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut mobilitas masyarakat masih tinggi selama sepekan PPKM

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Ilustrasi Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut mobilitas masyarakat masih tinggi selama sepekan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut mobilitas masyarakat masih tinggi selama sepekan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Jadi ada peningkatan mobilitas di Jakarta walaupun pada masa PPKM darurat. Di awal (PPKM Darurat) sempat bagus, di akhir-akhir meningkat," ujar Sambodo kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

Sambodo menuturkan, peningkatan mobilitas warga itu dilihat berdasarkan evaluasi di google mobility, Facebook mobility, dan inden cahaya malam.

Baca juga: Mobilitas Warga Masih Tinggi, Penyekatan PPKM Darurat Ditambah Jadi 100 Titik

Ia mencontohkan, penurunan mobilitas warga pada Minggu (10/7/2021) hanya 20 persen dari hari sebelumnya.

"Ini ternyata di Jakarta kemarin mobilitasnya meningkat. Padahal di PPKM ini penurunan mobilitasnya harus di atas 30 hingga 50 persen," ujar dia.

Meningkatnya mobilitas masyarakat menjadi alasan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menambah penyekatan PPKM Darurat menjadi 100 titik.

Baca juga: Cara Cek Penerima Bansos Tunai, Sembako Hingga Diskon Listrik PLN Saat PPKM Darurat

"Ada 100 titik penyekatan yang baru yang akan kita laksanakan besok pagi pukul 06.00 WIB," kata Sambodo.

Sambodo merincikan, terdapat 19 titik penyekatan di dalam kota, 15 titik di jalan tol, dan 10 titik di batas kota.

"Wilayah penyangga sebagai ring tiganya Jakarta, mulai Bekasi, Tangerang, Depok juga mengadakan ada 29 titik, dan ruas Jalan Sudirman-Thamrin sebagai simbol ikon PPKM Darurat ada 27 titik, sehingga total ada 100 titik," terang dia.

Ia mengungkapkan bakal ada dua shift penjagaan di 100 titik penyekatan tersebut.

Baca juga: Simak 23 Titik Penyekatan di Kabupaten Bakasi Selama PPKM Darurat

Shift pertama dimulai pukul 06.00 hingga 10.00, di mana hanya orang-orang yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang diperbolehkan melintas.

"Kemudian pukul 10.00-22.00 penyekatan kita tutup. Hanya nakes, dokter, perawat, darurat termasuk TNI-Polri yang bisa melintas," ujar Sambodo.

Sementara itu, penyekatan bakal dibuka pada pukul 22.00-06.00. Menurut Sambodo, lalu lintas pada rentang waktu tersebut dinilai sudah sepi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved