Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Pemerintah Akan Berikan Bansos Tambahan Rp39,19 Triliun Selama PPKM Darurat

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pemerintah akan mengucurkan bansos tambahan selama PPKM

Editor: Erik Sinaga
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Ilustrasi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pemerintah akan mengucurkan bantuan sosial (bansos) tambahan selama PPKM Darurat 

TRIBUNJAKARTA.COM-  Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pemerintah akan mengucurkan bantuan sosial (bansos) tambahan kepada masyarakat.

Bansos tambahan sebesar Rp39,19 triliun itu diberikan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tambahan sebesar Rp39,19 triliun untuk masyarakat, yang akan dikucurkan segera oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial," kata Luhut saat memberikan keterangan pers virtualnya mengenai perkembangan PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Dana tersebut ditujukan untuk meringankan beban rakyat yang Terdampak PPKM Darurat.

"Bapak Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kami para menterinya untuk memberikan tambahan bantuan dari pemerintah yang bisa diberikan untuk meringankan beban akibat PPKM ini," terang Luhut.

Baca juga: Penjelasan Luhut Mengenai PPKM Darurat Apakah Diperpanjang atau Tidak

Bantuan tersebut, tambah Luhut, meliputi pemberian beras untuk 18,9 juta keluarga penerima manfaat. Kedua, bantuan sosial (bansos) tunai 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

"Ketiga, pemberian tambahan ekstra 2 bulan untuk 18,9 juta KPM, sembako 4,9 juta KPM," tambah Luhut.

Tambahan anggaran dari pemerintah tersebut, juga meliputi anggaran Kartu Prakerja senilai Rp10 triliun dan juga subsidi listrik rumah tangga sebanyak 450 volt dan 900 volt yang diperpanjang tiga bulan, sampai Desember 2021.

Selanjutnya, bantuan itu juga termasuk untuk perpanjang subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen selama 6 bulan.

Baca juga: Langgar Aturan PPKM Darurat, Satu Kafe di Jatinegara Ditutup Selama PPKM Darurat

"Selain penambahan anggaran untuk bantuan sosial di atas, pemerintah juga meningkatkan alokasi anggaran untuk kesehatan sebesar Rp33,21 triliun," lanjut Luhut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved